Dihadiri 25 OPD, Bupati Buka Rakor Data Sistem Informasi Pemerintah Daerah

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL — Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Spt, membuka Rapat Koordinasi Data Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bapelitbangda Panango, Kamis (27/02/2020).

Rapat yang diikuti oleh 25 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Bolsel ini, menghadirkan pemateri dari Bapeda Provinsi Sulut.

Bupati Bolsel dalam sambutanya, mengatakan bahwa kegiatan rapat koordinasi dan perencanaan data SIPD Tahun 2020 ini adalah amanat dari pasal 10 ayat 3 dan 4 Permendagri nomor 70 Tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintah daerah.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan setiap bulan februari tahu  berjalan yang hasil rapat koordinasi dan perencanaan data ini dibuatkan berita acaranya,” ujar Bupati.

Lanjutnya, untuk provinsi Sulut dari 15 Kabupaten/Kota yang sudah terintegrasi SIPD nya adalah Kabupaten Bolsel, Bolmong, Kotamobagu, Sitaro dan Mitra.

“Proses integrasi ini dapat terwujud karena komitmen OPD sebagai produsen data yang setiap saat menyampaikan data kepada admin daerah dalam hal ini bapelitbangda,” ungkap Iskandar.

Lebih lanjut, Kamaru mengatakan dimana secara umum aplikasi SIPD memuat menu E-Database SIPD, perencanaan pembangunan SIPD dan Dasboard profil SIPD yang didalamnya memuat informasi tentang pembangunan daerah, keuangan daerah, dan informasi lainya seperti LPPD, EPPD dan produk hukum daerah.

“Kedepan saya mengharapkan untuk terus ditingkatkan kualitas data dan informasi daerag, sehingga informasi yang nantinga kita dajikan benar-benar sangat bermanfaat untuk masyarakat bolsel,” jelas Kamaru.

“Maka kembali lagi komitmen pimpinan OPD menjadi hal paling penting dala  SIPD ini sehingga kedepan Bolsel akan lebih transparan lagi dalam penyampaian data kepada masyarakat, serta dapat mewujudkan komitmen presiden Jokowi untuk menjadikan satu data indonesia,” tutup Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bappeda Provinsi Sulut yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubid Informasi pembangunan daerah Ivon Mangundap, ST. M.SI, Asisten I, Kaban Bapelitbangda Bolsel, Pimpinan OPD, dan para Admin dilingkungan OPD masing-masing.

(Utha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.