Dinas PMD Kotamobagu Gelar Rakor Program Kegiatan Desa

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar rapat koordinasi dan evaluasi program kegiatan di desa belum lama ini.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, dan dihadiri oleh Kepala Dinas DPMD, Tedi Makalalag, serta sangadi dan Ketua BPD dari 15 desa.

Kepala DPMD Teddy Mekalalag menjelaskan, rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara sangadi dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dalam hal pembahasan mulai dari Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) sehingga penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes).

“Tujuan utamanya yakni, agar kedua belah pihak memiliki satu visi yang seragam, menghindari pertentangan kepentingan yang bisa menghambat proses pembahasan,”ujarnya, Jumat (8/9/2023).

Makalalag mengatakan, melalui Rapat ini Tedi berharap berharap bahwa pertemuan seperti ini akan menjadi rutinitas, sehingga informasi yang disampaikan oleh pemkot, baik sangadi maupun BPD, dapat tersampaikan dengan baik.

“Ini akan membantu semua pihak, dari sangadi hingga anggota BPD, memahami dan mengetahui proses perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan program di lapangan, dengan akhirnya mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Selain itu, juga menegaskan bahwa pentingnya percepatan penginputan RPJMdes karena RKPdes merupakan penjabaran dari RPJMdes. Jika tidak selesai hingga batas waktu yang ditentukan, akan ada sanksi administrasi yang menunggu,’ jelasnya.

“Untuk penyusunan RKPdes batas waktunya sampai tanggal 30 September 2023, maka dari itu diharapkan agar percepatan penginputan RPJMdes, karena RKPdes merupakan penjabaran dari RPJMdes,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.