Camat Baito Tegaskan Panitia Pilkades Harus Idependen

0

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL — Dalam rangka persiapan penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019, se Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (25/09/2019), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sambahule, Kecamatan Baito, menyelenggarakan forum Musyawarah dalam rangka rekrutmen anggota kepanitiaan yang berlangsung di Balai Desa Sambahule.

Camat Baito, Harianto Liambo SP, dalam sambutanya pada pembukaan rapat forum musyawarah tersebut, menegaskan panitia Pilkades harus netral atau independen dalam menjalankan tugasnya.

“Dalam mekanisme dan tata cara rekrutmen setiap anggota panitia Pilkades, harus berdasarkan dengan regulasi yang ada, dimana dalam penentuan setiap anggota panitia Pilkades tidak boleh dari anggota BPD dan bertindak indepeden,” tegas Harianto.

Namun kata Harianto, anggota BPD merupakan fasilitator sekaligus sebagai pemandu dalam rekrutmen keanggotan panitia Pilkades,

“Keanggotaan paitiannya berasal dari beberapa unsur, baik dari unsur pemerintahan Desa, unsur lembaga Desa (LPM), tokoh pemuda, tokoh Wanita, tokoh Agama dan tokoh Masyarakat, yang dalam prosesnya harus transparan melalui forum musyawarah,” jelasnya.

Perlu diketahui kata Harianto, Panitia Pilkades merupakan kendali dan penentu dalam mensukseskan pelaksanaan setiap tahapan yang berdasarkan regulasi, mulai awal proses tahapan hingga pada saatnya pemungutan suara.

“Bagi siapa dalam forum musyawarah nanti, yang terpilih sebagai anggota Panitia Pilkades, harus dapat lebih netral dan independen, dan tidak boleh berafiliasi dengan kandidat atau peserta calon Kepala Desa, yang ikut berkompetisi, dan ini berlaku bukan saja pada panitia Pilkades atau penyelenggara juga, melaikan pada Pemdes dan aparatnya,” tegasnya kembali.

Terlebi dikhususkan bagi penyelenggara atau anggota panitia Pilkades yang ketahuan berafiliasi dengan kandidat, maka harus siap menerima konsekwensinya.

“Pasti bagi anggota panitia pilkades yang tidak netral akan diberikan sanksi,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Penjabat Desa Sambahule, Jamrin, pihaknya sangat bersyukur, pada kesempatan sore hari ini, kita masih diberikan kesehatan, kesempatan serta kekuatan, sehingga saat ini kita semua masih dapat berkumpul di Tempat ini.

“Sebagaiman hasil rapat pembentukan panitia pilkades, dan tindak lanjut hasil pertemuan di (BPMD) Kabupaten Konsel, dengan para kades PJ Kades beserta BPD, Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak tahun 2019, agar dapat berjalan sesuai mekanisme,” harapnya.

Hadir dalam rapat forum tersebut, Kasi pemerintahan Kecamatan Baito, Arisman SIP, Kasi pembangunan Kecamatan Baito, Supriatman Tawulo SKom, PJ Desa Sambahule Jamrin serta Anggota BPD Desa Sambahule, Ketua Yotam SPd MPd, Sekretaris Abd Kadir SPd, anggota BPD Jumain ST, Satriani, Sudirman, serta unsur pemerintah dan lembaga Desa Sambahule dan masyarakat dari tiga Dusun Desa Sambahule.

(Edison)

Leave A Reply

Your email address will not be published.