Kotamobagu

Abdullah Mokoginta Hadiri Seminar Sehari BKSAU dan Deklarasi Pemilukada Damai 2024

×

Abdullah Mokoginta Hadiri Seminar Sehari BKSAU dan Deklarasi Pemilukada Damai 2024

Sebarkan artikel ini

KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, SH M.Si, menghadiri Seminar Sehari yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAU) Provinsi Sulawesi Utara, yang dirangkaikan dengan Deklarasi Pemilukada Damai Tahun 2024.

Acara tersebut berlangsung, Kamis (19/9/2024), di Eks Rudis Ilongkow, Kelurahan Kotobangon, Kota Kotamobagu, dengan dihadiri oleh berbagai tokoh agama dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Abdullah Mokoginta menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai sarana untuk menciptakan kehidupan beragama dan berbangsa yang harmonis.

“Moderasi beragama merupakan perekat antara semangat beragama dan berbangsa. Dengan moderasi beragama, kita bisa membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis, di mana setiap individu merasa aman dan dihargai tanpa adanya diskriminasi berbasis agama,” ujar Pj. Wali Kota.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota menambahkan bahwa moderasi beragama juga menjadi strategi penting dalam merawat kerukunan di Indonesia.

“Harapan kita, melalui moderasi beragama, umat beragama dapat memposisikan diri dengan tepat sehingga tercipta harmonisasi dan keseimbangan sosial di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

Seminar ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Asisten II Sekdaprov, Tahlis Galang, SIP., MM.

Dalam sambutannya, Tahlis Galang menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Kotamobagu yang telah memfasilitasi acara ini.

“Moderasi beragama bertujuan agar kita tidak berlebihan dalam menjalankan agama, melainkan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, khususnya di wilayah Bolmong Raya yang dikenal dengan tingginya nilai toleransi,” katanya.

Tahlis Galang juga menekankan pentingnya peran pemuka agama dalam menjaga stabilitas dan kedamaian menjelang Pilkada serentak 2024.

“Kita akan menghadapi ujian lagi, yaitu Pilkada serentak di seluruh Indonesia. Pemerintah Provinsi berharap seluruh pemuka agama dapat berperan aktif dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai,” ujarnya.

Seminar ini diakhiri dengan pembacaan Deklarasi Damai Pemilukada Tahun 2024 oleh seluruh peserta seminar, yang diharapkan menjadi komitmen bersama dalam menciptakan suasana yang kondusif selama proses Pemilu berlangsung.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kota Kotamobagu Adrianus Mokoginta, SE., Ketua Presidium BKSAUA Provinsi Sulut, KH. Abdul Wahab Abdul Gafur, LC., perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu Sofyan Mokoginta, SH., ME., KPU Kotamobagu, Bawaslu Kotamobagu, para tokoh dan pemuka agama se-Sulawesi Utara, para pimpinan organisasi keagamaan, para pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Sangadi se-Kota Kotamobagu, serta para peserta seminar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *