Bawaslu Bolmut Lantik 18 Panwascam

0

 

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) hari ini, Senin (30/12/2019) secara resmi melantik dan mengambil sumpah 18 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) bertempat di RM Laviesta Kaidipang.

Personil Panwascam yang dilantik ini nantinya akan bertugas dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara 2020.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh S.Pd menyampaikan bahwa pembentukan Panwascam merupakan bagian dari tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.
” Pelantikan Panwascam ini sudah sesuai dengan amanat konstitusi dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020,” ujar Irianto.

Dalam kegiatan ini, Ketua Bawaslu Bolmut bersama dengan dua anggota Bawaslu Bolmut, Misrawati Pakaya,S.Sos dan Ben Henzer Enok.

Menurut Irianto bahwa memilih Panwas kecamatan yang memenuhi ekspektasi sebagai mandat perundang-undangan, tidak saja menjadi harapan Bawaslu, tetapi juga menjadi harapan public dan harapan masyarakat luas.

“Sebagai sebuah proses seleksi, ada yang terpilih dan ada juga tidak terpilih, secara prinsip proses seleksi dilakukan sesuai dengan ketentuan. Banyak tenaga dan pikiran yang telah terkuras selama seleksi ini, sehingga itu saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan Bawaslu Bolmut beserta sekretaris Bawaslu dan jajarannya,” terangnya.

Ketua Bawaslu juga mengingatkan kepada panwascam yang baru dilantik agar menjaga integritas dan kredibilitas dalam menyelenggarakan pengawasan di tingkat kecamatan sehingga dapat berjalan dengan demokratis.

“Panwascam terpilih adalah orang-orang pilihan, yang sesuai ekspektasi kita semua, keterpilihan sahabat-sahabat panwascam melalui kompetisi sehat,” harap Irianto

Ia pun berpesan untuk selalu menjaga integritas dan kredibilitas serta selalu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sehingga sahabat panwascam dapat menjalankan tugas sebaik mungkin.

“Selamat datang di keluarga besar Bawaslu Bolmut, jagalah nama baik keluarga besar dengan selalu tunduk dan patuh terhadap ketentuan dan perundang-undangan,” pesannya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harunja, Komisioner KPU Bolmut Ismail Mobiliu dan Rita Darondo, Kasat Reskrim Polres Bolmut, dan para undangan lain.

Seperti diketahui bahwa 18 orang anggota Panwascam yang dilantik ini terbagi pada enam kecamatan di Bolmut dengan komposisi tiga personil per kecamatan. Ke 18 Panwascam ini merupakan hasil rekrutmen melalui hasil tes tertulis dan wawancara yang dilaksanakan pada 13 – 15 Desember 2019.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.