25 Warga Konsel Dapat Reward Umrah Gratis

0

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL- Sebanyak 25 warga kurang mampu Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bagaikan mendapat durian runtuh atau rezeki yang tidak disangka-sangka.

Pasalnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel menetapkan mereka sebagai peserta terpilih untuk mendapatkan reward Umrah secara cuma-cuma (gratis tanpa syarat).

Hal itu juga merupakan bagian dari janji politik Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama Wabup, H. Arsalim Arifin, ketika berkampanye sebelum terpilih, yang akan mengumrahkan bagi warga tidak mampu yang aktif dalam syiar Agama Islam di masyarakat.

Dan hari ini, bertempat di Wonua Monapa Resort – Kecamatan Ranomeeto (Senin, 25/11/19), pasangan Bupati dan Wabup Konsel tersebut menunaikan janjinya dengan melepas secara resmi keberangkatan 25 Jamaah untuk melaksanakan Umrah ke Tanah Suci – Makkah.

Dimana, kegiatan pelepasan di hadiri dan disaksikan para pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel dan keluarga para jamaah.

Acara pelepasan di mulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an Surat Al-Fath Ayat 52 oleh Imam Masjid Kecamatan Tinanggea, Harifuddin yang juga salah satu peserta umrah gratis.

“Program ini memang sudah menjadi program awal yang sudah kami niatkan bersama Arsalim saat kami mencalonkan pada Pilkada lalu, yang diseleksi khusus bagi saudara kita yang kurang beruntung dari segi ekonomi dan diperkirakan kedepan tidak akan mampu membiayai dirinya sendiri serta aktif dalam syiar Agama Islam,” kata Bupati Konsel, Surunuddin saat melepas para jamaah Umrah.

Ini merupakan salah satu langkah nyata kita dalam rangka mewujudkan masyarakat Konsel yang amanah, dan religius. Ujarnya. Yang akan terus ditingkatkan kuota dan pelayanannya pada tahun mendatang.

Bupati juga berpesan kepada para jamaah, dalam menjalankan ibadah agar selalu memperhatikan kesehatan, dan mengganggap rombongan bagian dari keluarga sehingga bisa saling menjaga dan mengingatkan, apalagi keberangkatan jamaah membawa panji daerah yang namanya harus dijaga sebaik-baiknya.

“Saya minta para jamaah agar menjaga kondisi fisik dan psikis,  yang hanya fokus beribadah saja dengan tidak memikirkan hal lain, karena semua urusan sudah ada yang menghandlenya mulai dari keberangkatan hingga kepulangan ke kampung halaman dengan pelayanan terbaik,” imbuhnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini juga berharap jamaah mendoakan diri dan seluruh masyarakat Konsel agar dimudahkan rezekinya, dan pembangunan yang sedang serta akan dicanangkan dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat.

Sementara itu dalam laporannya, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sahrin Saudale menjelaskan bahwa jamaah umrah sebelum ditetapkan telah melalui seleksi dan wawancara dari pihak Pemda Konsel, yang selanjutnya dituangkan dalam SK Bupati No 450/576 Tahun 2019 tentang pemberian reward kepada masyarakat dalam bentuk perjalanan ibadah umrah.

Sahrin juga mengungkapkan, 25 jamaah yang diberangkatkan terdiri dari unsur anggota BKMT/Majelis Taklim sebanyak 14 orang, Imam Masjid 4 orang, dan 3 Guru mengaji serta 2 orang Marbot/cleaning service Masjid. Yang akan diberangkatkan pada 30 November 2019. Dan telah melaksanakan Manasik pada 23 November 2019.

Dikesempatan itu, usai pelepasan, Bupati Konsel menyerahkan uang saku kepada seluruh jamaah sebagai tambahan bekal selama di tanah suci,” pungkasnya.

(Edison)

Leave A Reply

Your email address will not be published.