Tatong Buka Bimtek PLKD Pemkot Kotamobagu

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan Daerah (PLKD), di Hotel Mercure, Manado, Senin (28/10/2019).

Tatong Bara, pada kesempatannya, mengatakan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus berjuang, berbenah agar seluruh pertanggungjawaban keuangan Negara dapat di pertanggungjawabkan sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

“Di tahun-tahun terakhir Pemerintah Kota Kotamobagu dalam penilaian  Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kotamobagu mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), walaupun masih ada beberapa catatan yang menjadi tanggungjawab dan konsentrasi Pemkot untuk semakin hari semakin baik,” kata Tatong.

Oleh sebab itu kata Wali Kota, Bimtek ini menjadi penting agar kedepan dengan perubahan regulasi yang berlaku, kita dapat mengikuti dan dapat menyesuaikan dengan regulasi yang semakin hari semakin berubah dan semakin tajam.

“Hari ini, saya memberi apresiasi kepada Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Kotamobagu, dimana telah memberikan satu kegiatan yang baik ini, dan muda-mudahan para peserta dapat mengikuti dengan sepenuh hati,” harap Tatong.

“Muda-mudahan dengan kegiatan ini, format laporan kita semakin baik, catatan Opini BPK akan semakin kecil, dan dengan kegiatan ini akan menambah wawasan kita,” sambungnya.

Sementara Kabid Akuntansi BPKD Kota Kotamobagu, Putik Emas Abdullah, menjelaskan, bahwa Bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman SKPD terkait  Penyusunan Laporan Keuangan SKPD.

“Intinya untuk meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan kemandirian SKPD dalam penyusunan laporan keuangan. Supaya kedepan kita bisa mempertahankan Opini WTP yang sudah ke enam kita dapatkan,” jelas Putik.

Peserta bimtek adalah seluruh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Kenangan, Bendahara Pengeluaran, Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Pengurus Barang.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.