Pekan ini Dikbud Boltim Gelar Festival Budaya dan Tarian Seni Kreasi

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), akan mengelar kegiatan lomba festival budaya daerah dan tarian seni kreasi, pada tanggal 11-12 Juli, pekan ini.

Kepala Dikbud Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Yusri Damopolii, Senin (08/07/19), mengatakan untuk kegiatan festival budaya daerah serta seni dan tari-tarian daerah, sengaja dilaksanakan, guna mengangkat budaya dan seni daerah yang terkesan mulai terkikis oleh perkembangan zaman.

“Ya, festival ini digelar dengan tujuan untuk mengangkat budaya seni lokal yang terkesan mulai terkikis akbiat perkembangan zaman,” ucap Yusri.

Kepala Bidang (Kabid) Budaya, Dikbud Boltim, Srie Kadarningsih, menambahkan, beberapa seni dan budaya, nantinya akan dipentaskan.

“Budaya dan seni yang dimaksud seperti tarian dana-dana, pantun pidato bahasa daerah Mongondow, dan lagu bahasa daerah, yang akan dilombakan,” tutur Srie.

Dijelaskannya, melalui kegiatan ini sudah tentu kita lestarikan budaya sebagai suku Mongondow.

“Untuk pentasnya selama dua hari, dipusatkan di aula Dikbud Boltim, pada Kamis tanggal 11-12 Juli, dengan anggarannya sebesar Rp 57 juta dari APBD,” papar Srie.

Perlu diketahui pula, pesertanya terdiri dari siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta kategori umum yakni tiga organisasi mahasiswa Boltim.

(tok’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.