Desa Buyat Selatan Boltim Bangun 15 Unit WC

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Guna memenuhi kebutuhan warga untuk Buang Air Besar (BAB), Pemerintah Desa Buyat Selatan, Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bangun 15 unit WC umum untuk warga.

Sangadi (Kepala Desa, red) Desa Buyat Selatan, Husni Modeong, Senin (24/06/19), menjelaskan, ukuran bangunan WC 1.5 meter X 1.5 meter, anggaranya bersumber dari anggaran Dana Desa (Dandes).

Dijelaskannya, masing-masing bangunan WC, kedudukannya ada di tanah masyarakat yang sudah memiliki hibah resmi. Sebelumnya Pemerintah Desa melakukan musyawarah dengan masyarakat di masing-masing dusun.

“Per unit WC ini dapat di gunakan warga yang berdekatan dengan lokasi pembangunan toilet. Karena WC ini fungsinya untuk umum, maka saya mengimbau kepada pengguna supaya  menjaga kebersihan agar bangunan ini tetap terjaga keawetannya,” imbau Modeong.

Dikatakannya, tahun 2018 lalu Pemerintah Desa sudah membangun 15 unit WC dan Tahun 2019 ini kami bangun lagi 15 unit. total 30 unit, sebagai pemenuhan kekurangan kebutuhan warga untuk BAB.

“Harapan kami tempat ini dapat membantu kebutuhan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” harap Modeong.

Dia menambahkan, ada dua keuntungan dengan program pembangunan WC. Pertama menjaga kesehatan lingkungan dan masyarakat. Kedua, bisa merangkul masyarakat yang sempat renggang dengan pemilihan Sangadi (Pilsang) atau Pemilihan Kepala Desa pada tahun kemarin.

“Dengan program ini mereka bisa dengan sendirinya terjalin kembali rasa persaudaraan di tengah-tengah masyarakat kami, namun tujuan utama untuk masyarakat Buyat Seletan,” ucapnya.

Perlu diketahui, setiap pembangunan fisik di Desa Buyat Selatan memiliki Tim Pengelola Kegiatan (TPK) atas pemenuhan standar aturan dalam pembangunan swakelola anggaran Dandes.

“Fungsi sangadi tinggal mengontrol sejauh mana pekerjaannya,” imbuhnya.

(matok’s)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.