2019 Disperinaker Kotamobagu Terbitkan 336 Kartu Kuning

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kotamobagu mencatat sepanjang tahun 2019 lalu sebanyak 366 Kartu Kuning telah diterbitkan.

“Untuk tahun lalu sekitar 366 lembar yang kita terbitkan, ini menandakan angka pencari kerja Kotamobagu mengalami peningkatan yang signifikan,” kata Kabid Tenaga Kerja Kotamobagu Idris Amparado, Rabu (01/08/2020).

Menurutnya ratusan kartu kuning yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga kerja ini, banyak didominasi oleh lulusan SMK yang memasukan permohonan kerja di PT Conch.

“Salah satu syarat pencari kerja untuk melamar dibeberapa perusahaan juga harus memiliki kartu kuning, ” ungkap Idris

Idris juga mengatakan, selama ini pihaknya berkerja sama dengan perusahaan terkait perekrutan karyawan, dimana jika ada lowongan pekerjaan, perusahaan akan melaporkan ke pihak Disnaker untuk mengumumkan kepada para pencari kerja.

“Ini juga upaya Pemerintah agar para pencari cepat memperoleh pekerjaan,dengan begitu angka pengangguran bakal berkurang,” tutur Idris.

Diketahui Berdasarkan data terakhir dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, perusahaan yang beroperasi di Kotamobagu berjumlah 315. 283. Ini terbagi dari 283 perusahaan kecil, menengah 28 dan perusahaan besar 4. dengan jumlah tenaga kerja mencapai 4175 orang.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.