2020 Sumber Rejo Menuju Desa Wisata

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Potensi Sumber Daya Alam (SDA), di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Modayag Induk, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sangat menjanjikan, termasuk potensi wisata Air Terjun.

Sangadi (Kepala Desa, red) Sumber Rejo, Merchy B Rotinsulu, Kamis (24/10/2019), mengatakan, pihaknya teleh menyusun program untuk pembangunan destinasi Wisata Air Terjun, pada tahun 2020 mendatang.

“Ya, Desa kami Sumber Rejo, telah diwacanakan untuk dijadikan Desa Wisata pada tahun 2020,” kata Merchy.

Sebab bukan hanya hasil perkebunan (Holtikultura saja yang menonjo di Desa ini, melalinkan berbagai potensi untuk menunjang kepariwisataan sangat mejanjikan, sehingga melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Rejo, berbagai program unggulan demi kemajuan desa akan diupayakan pembangunannya.

“Saat ini BUMDes Sumber Rejo, telah mengelolah air minum, yang terpasang di seluruh Kepala Keluarga. Bahkan budidaya ikan air tawar berupa ikan Gabus dan Lele Dumbo,” tuturnya.

Sekedar diketahui, kata Merchyi, dengan ditetapkannya Undang Undang Desa No. 6 tahun 2014 tentang Desa telah merubah paradigma pembangunan desa. Dulu, pembangunan dilaksanakan secara top down dengan memposisikan desa sebagai obyek pembangunan. Namun saat ini pembangunan telah dilaksanakan dengan model bottom up yang memposisikan desa sebagai subjek pembangunan.

“Konsekuensinya, pemerintah dan masyarakat desa memiliki andil yang besar dalam menentukan pembangunan wilayahnya. Untuk merealisasikan perubahan paradigma tersebut, Pemerintah Pusat telah menyuntikkan Dana Desa yang bersumber dari APBN dan disertai dengan Anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBD Pemerintah Daerah,” tuturnya.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.