Letkol Marinir Augustinus Purba Irup HUT TNI  ke 74 di Talaud

DETIKSULAWESI.COM, TALAUD — Danlanal Melonguane Letkol Marinir Augustinus Purba, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), pada HUT TNI  ke 74, dilaksanakan di Lapangan Sangkudiman Melonguane, Sabtu (5/10/2019).

Adapun Tema pada HUT TNI kali ini adalah “TNI Profesional Kebanggan Rakyat”.

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Danlanal Melonguane, menyampaikan sebagai insan yang beriman dan  bertakwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, atas segala limpahan karunia-Nya sehingga kita dapat menyelenggarakan upacara memperingati HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat wal’afiat.

“Kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI dimanapun saat ini bertugas dan berada, beserta seluruh keluarga besar TNI, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-74 dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, yang kita cintai dan banggakan bersama,” ucap Panglima melalui sambutannya.

Pada kesempatan ini pula, selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit, PNS TNI beserta keluarga besar TNI, mengucapkan rasa hormat dan bela  sungkawa yang mendalam atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

“Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanahkan dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” tutur Panglima.

Olehnya Panglima mengharapkan kepada para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil TNI yang saya cintai dan banggakan. Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks, agar dapat menunjukan sifat profesionalisme dan patriotik dalam melaksanakan tugas.

“Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep-konsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap,” ujarnya.

Dengan demikian kata Panglima menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI,” tuturnya.

Perlu diketahui pula, dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 s.d 2019, yaitu: Pembentukan Divisi Infanteri-3/ Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11 Mei 2018, guna menghadapi trouble spot di wilayah Indonesia bagian timur, Pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna pada tanggal 18 Desember 2018 sebagai pangkalan aju bagi unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia,Pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI pada tanggal 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI, serta Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III pada tanggal 27 September 2019 untuk menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI.

Terpisah, Kapolres Kepulauan Talaud melalui Wakapolres Kompol Maria Boki Buida, mengatakan Polres Kepulauan Talaud mengucapkan Dirgahayu TNI ke 74 Semoga Sinergitas TNI Polri tetap Solid, Lebih khusus di wilayah Perbatasan Utara Indonesia dari Ujung Tinonda sampai Napombaru.

“Kerjasama yang selama ini sudah dibina, kebersamaan yang selama ini sudah dilaksanakan secara bersama sama dengan Penuh semangat tetap dipertahankan kedepan , demi menjaga NKRI yang kita cintai, Akhirnya Kami mengucapkan Dirgahayu Ke 74 TNI,” tuturnya.

Hadir dalam upacara diantaranya Plh Bupati Kepulauan Talaud, Ir Adolf Binilang ME, Kasdim  1312 Talaud Mayor Inf Sigrief W Panaha SSos, Danlanal Melonguane  Letkol Mar Augustinus Purba SE, Wakapolres Talaud Kompol Maria Boki Buida,  Ketua Pengadilan Negeri Melonguane Yulius Christian Handratmo, sejumlah pejabat pemda, tokoh masyarakat, tokoh agama, para pelajar SD sampai SMA/SMK dan tamu undangan lainnya.

(Eman)

Irup HUT TNI ke 74 di TalaudLetkol Marinir Agus Purba
Comments (0)
Add Comment