Irup Hari Dharma Samudera, Komandan STTAL Gelorakan Semangat Pertempuran Laut Arafuru

DETIKSULAWESI.COM, SURABAYA – Dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera Tahun 2020, STTAL menggelar upacara hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 Januari.

Bertindak selaku Inspektur upacara, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M. Phil, yang dihadiri pejabat teras STTAL dan peserta pasukan upacara para mahasiswa dan Antap serta PNS STTAL berlangsung lapangan Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya, Rabu (15/1/2020)

Kegiatan peringatan hari Dharma Samudera 15 Januari 2020 diawali upacara pengibaran Sang Merah Putih, mengheningkan cipta, dilanjutkan pembacaan sejarah pertempuran laut, pembacaan amanat kasal oleh Irup di akhiri Andhika Bhayangkari.

Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE., M.M yang dibacakan Komandan STTAL menyampaikan upacara yang diselenggarakan setiap tahunnya ini, pada hakikatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Pertempuran laut arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962, merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso . Sebagai prajurit laut, beliaunya menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban, sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut,” ujarnya.

“Pertempuran yang kita hadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak banyak berubah hanya karakter pertempuran yang berbeda dari segala tantangan menyangkut batas laut teritorial NKRI menjadi pekerjaan rumah Pemerintah dan khususnya TNI Angkatan Laut,” sebutnya.

Oleh sebab itu nilai-nilai kejuangan Komodor Yos Sudarso wajib diwarisi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan. Di era Revolusi Industri 4.0, dengan perkembangan teknologi dan pengaruh era globalisasi , akan semakin kompleks prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut.

“Melalui peringatan hari Dharma Samudera saya memberi penekanan pertama Tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah, Pupuk jiwa patriotisme dan jatidiri prajurit matra laut, dan tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi,” katanya.

Usai dilaksanakannya upacara peringatan hari Dharma Samudera 15 Januari 2020, pada malam hari Pkl.19.00 Wib Civitas Akademika STTAL akan nonton bareng Film mengenang pertempuran Laut Arafuru ” A BRAVE GENTLEMAN” Seluruh mahasiswa, antap dan PNS STTAL dengan di hadiri para pejabat STTAL di Lt.2 Gedung Marore Kampus STTAL Bumimoro Surabaya.

(Indra)

Comments (0)
Add Comment