Cetak Tenaga Kerja Tranpil, Pemda Bolmut kirim Peserta Magang ke negeri Matahari Terbit

DETIKSULAWESI.COM,BOLMUT-Pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Utara berangkatkan 20 peserta magang guna menghasilkan tenaga kerja yang produktif dan terampil yang nantinya akan berimbas pada berkurangnya pengangguran di Bolmut, senin (24/10/2022).

Dalam Kesempatan tersebut Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra melepas secara resmi 20 Peserta Magang Ke Jepang.

Diketahui Peserta Magang Sudah Mengikuti  dua kali masa tahapan Seleksi.

Seleksi pertama adalah psikotes dan wawancara. Seleksi kedua adalah secara Online dengan Menggunakan Aplikasi Pera-pera selama satu bulan lebih.

Telah dilaksanakan Sosialisai Pendidikan Dan Pelatihan (CPMI) Program Specifed Skill Worker (SSW) Magang Ke Jepang, Kerja Sama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Sulawesi Utara yang dihadiri 62 peserta yang mewakili setiap kecamatan sekabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dari hasil seleksi tersebut terpilihlah 20 peserta terbaik Bolaang Mongondow Utara. Mereka akan mengikuti masa pendidikan dan pelatihan  bahasa Jepang dan budaya Jepang.

Sesudah mengikuti masa pendidikan dan pelatihan, peserta nanti akan mengikuti tes kemampuan berbahasa Jepang dan tes sertifikat skil (Bidang Kerja yang diminati).

Jika dalam Tes Tersebut peserta dinyatakan lulus, maka mereka akan bekerja di Jepang lewat jalur Specified Skilled Workers (SSW).

Kepada Peserta Magang ke Jepang, Bupati Depri Pontoh berpesan agar mampu menjaga nama baik dengan cara menunjukkan etos kerja.

(Yogi)

 

 

Comments (0)
Add Comment