Pesta Nelayan di Desa Ogotua 160 Ekor Tukik Dilepas

DETIKSULAWESI.COM, TOLITOLI – Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas meningkatnya hasil tangkapan para nelayan di Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara, perkumpulan Nelayan Desa Ogotua yang didukung oleh Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan, menggelar acara Pesta Nelayan yang dipusatkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli, minggu (30/6) pagi.

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH. dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Asisten Sekretaris Daerah bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si menyampaikan bahwa persentase luas wilayah perairan laut yang ada di Kabupaten Tolitoli jauh lebih besar dibanding dengan luas wilayah daratan, yang di dalamnya kaya dengan keanekaragam berbagai biota dan sumber daya laut, menjadikan kawasan bahari yang potensial, sebagai sumber kelangsungan hidup manusia dari dulu hingga yang akan datang.

Potensi dan kekayaan tersebut kata Bupati, merupakan salah satu modal utama untuk pembangunan daerah yang harus kita jaga, kita lindungi dan lestarikan melalui pemberdayaan dan pengembangan budi daya dibidang perikanan dan kelautan secara terpadu, efektif dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang ada di pesisir pantai dan sekitarnya.

“Salah satu hasil pembangunan sumber daya dibidang perikanan dan kelautan yang telah dikembangkan adalah penangkaran ikan karapu, ikan napoleon serta penyu hijau,” ungkapnya.

“Semua hasil pengembangan di bidang budidaya perikanan dan kelautan diharapkan bisa berkembang biak dan memberi manfaat yang besar hingga turun temurun ke generasi selanjutnya,” harap Bupati.

Pada momentum pesta nelayan itu, juga dilakukan pelepasan 160 ekor Tukik (anak penyu hijau) ke laut oleh Bupati Tolitoli, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tolitoli Ir. Gusman, Camat Dampal Utara Mulyadi Dg. Silasa, SH.,MH.

(Nadir)

Bupati Tolitoli Moh Saleh BantilanIr Hardiyanpelepasan Tukik
Comments (0)
Add Comment