Bupati Tolitoli Lantik 37 Kepala Desa

DETIKSULAWESI.COM, TOLITOLI – Sebanyak 37 orang Kepala Desa terpilih hasil pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Tolitoli, Rabu (4/9) siang dilantik dan diambil sumpah dan janjinya oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH. Bertempat di Gedung Wanita Tolitoli.

Bupati mengatakan Pelantikan Kepala Desa terpilih merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Peristiwa ini merupakan legitimasi bagi seorang Kepala Desa sebelum menjalankan tugas yang diamanatkan kepadanya,” katanya.

Bupati mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa yang baru, kewajiban Kepala Desa antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksanakan kehidupan demokrasi dalam menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa serta mentaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan.

“Seorang Kepala Desa harus mampu tampil menjadi sosok pemimpin dan bisa menjadi teladan bagi warga masyarakat, dalam hal pengelolaan keuangan desa, harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan berdisiplin,” terangnya.

Hal ini penting diketahui karena Desa pada saat ini memiliki anggaran yang cukup besar, sehingga perlu disikapi dengan penuh kehati-hatian dan penuh tanggung jawab agar Kepala Desa nantinya terhindar dari perbuatan tindak pidana yang pada gilirannya akan mencoreng institusi, keluarga maupun pribadi.

“Terima kasih dan penghargaan kepada Penjabat Kepala Desa yang telah berakhir masa tugasnya atas jasa dan pengabdian dalam melaksanakan tugas selama menjabat sebagai penjabat Kepala Desa,” ucap Bupati.

Ia juga berpesan agar seluruh Kepala Desa yang baru saja dilantik jangan tergesa-gesa merombak struktur perangkat desa karena hal ini demi memudahkan pertanggung jawaban administrasi dan keuangan desa.

“Kepada Kepala Desa agar dapat menganggarkan lampu jalan di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Tolitoli,” tutup Bupati.

Turut dihadir anggota Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan Anhar Dg. Mallawa, SE, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zikron Lamaming, SH.,M.Si danserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah, sejumlah wartawan media cetak dan elektronik serta undangan lainnya.

(Nadir)

Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilankab Tolitolipelantikan 37 kades
Comments (0)
Add Comment