Maju Pilgub Sulteng Pasha Ungu Bakal Bangun Rumah Media

Pasha: Jangan Jadikan Wartawan Sebagai Musuh, Wartawan Adalah Kawan Dalam Kemitraan

DETIKSULAWESI.COM, PALU — Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu), sekaligus Wakil Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN), menegaskan komitmen dirinya untuk menjadikan media/pers sebagai mitra untuk mendukung program pemerintah daerah.

Komitmen Wakil Walikota Palu yang akrab disapa Pasha Ungu itu, disampaikan saat deklarasi dirinya untuk maju sehagai calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), dalam Pilkada tahun 2020,  bertempat di Cafe Tanaris Kota Palu,  Senin (28/10/2019) malam.

Menurutnya,  kalangan media pers atau wartawan adalah kawan dalam kemitraan.

“Wartawan itu adalah kawan dalam kemitraaan,  wartawan jangan dijadikan sebagai musuh,” tegas Pasha Ungu.

Dikatakannya, sejak menjadi publik figur (artis, red),  hingga saat ini menjadi Pejabat dilingkup Pemkot Kota Palu,  dirinya mengakui sudah hampir 20 tahun hari-harinya, selalu berada dilingkungan wartawan,  karenanya dia memahami benar kondisi dan karakter wartawan.

“Hampir 20 tahun saya berkecimpung dan dekat dengan dunia kewartawanan,  karenanya  saya memahami karakter, dan tau benar kondisi wartawan, terutama terkait kesejahteraannya, karena pers merupakan pilar keempat demokrasi di Indonesia,” tukasnya.

Karena itu,  kata Pasha Ungu,  salah satu hal yang menjadi pekerjaan rumah yang harus dilakukan jika dirinya diberikan amanah masyarakat Sulteng sebagai Gubernur Kepala Daerah,  maka salah satu program prioritas yang akan dijalankan adalah mencarikan solusi terkait peningkatan kesejahteraan.

“Kita sadar kalo soal kesejahteraan termasuk wartawan menjadi tanggungjawab perusahaan pers, tetapi sepatutnya pemerintah juga harus hadir untuk memastikan itu,  dan jika diperlukan kita akan membuat dan merumuskan legislasi atau payung hukum untuk peningkatan kesejahteraan wartawan,” tandasnya.

Pasha Ungu yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Forum Pers Independent Indonesia (FPII)  Kota Palu, menegaskan, siapapun yang menjadi Gubernur Sulteng kedepan,  apalagi jika dirinya mendapat amanah jabatan tersebut,  maka cara pandang terhadap profesi kewartawanan harus netral dan proporsional.

“Setiap wartawan harus diperlakukan sama,  nggak ada kasta atau dikotomi terhadap wartawan dalam menjalankan profesinya,  semua sama,” ujar Politisi PAN yang juga akrab disapa dengan sebutan SPS itu.

Untuk mewujudkan komitmen dan niat baiknya terhadap kalangan wartawan,  Pasha Ungu juga menegaskan keinginannya  agar Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kedepan untuk membangun rumah atau kantor khusus bagi seluruh media.

“Dalam obsesi saya,  bagaimana Pemprov Sulteng, kedepan bisa menfasilitasi seluruh wartawan, bukan cuma sebatas press room,  tetapi membangun kantor pusat bagi seluruh wartawan yang sarana prasarananya difasilitasi sepenuhnya oleh pemerintah,” ujarnya.

Terkait kesiapan kendaraan politik yang akan digunakan untuk maju dalam Pilgub Sulteng mendatamg,  Pasha Ungu mengatakan,  selain Partai Amanat Nasional (PAN), dirinya juga sudah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai politik,  termasuk PDI Perjuangan.

“Komunikasi politik saat ini terus kita lakukan dengan sejumlah parpol,  temasuk PDI Perjuangan,” katanya.

(Nadir)

 

Bangun Rumah MediaMaju Pilgu SultengPasha Ungu
Comments (0)
Add Comment