BLT Kunci Kebahagiaan

Oleh: Sufriaman Amir SH (Bidang HAM KNPI Sul-Sel)

“Mudah mudahan tepat sasaran” mungkin terlihat mudah bagi yang mengucapkan, tapi untuk menentukan sasarannya itu hal yang tidak mudah perlu mata mata untuk melihatnya, banyak yang terlihat tidak mampu tapi baginya apa yang dimiliki sudah lebih dari cukup ataukah mungkin hanya tak ingin mengorbankan gengsi, dan lebih banyak lagi yang terlihat mampu tapi ambisi untuk mendapatkan komisi rela mengorbankan gengsi.

Mustahil jika sasaran atau ukuran dari BLT agar semua orang merasa cukup karena ukuran kata “cukup” masing-masing berbeda, BLT lebih tepat jika sasarannya adalah kebahagiaan dengan mengajak semua untuk lebih Bersyukur, Lapang dada dan Tawakkal (BLT).

BERSYUKUR merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala limpahan nikmat yang telah Tuhan berikan, disaat merasakan kesenangan diharapkan untuk selalu bersyukur dan ingat bahwa sebelumnya pernah merasakan susah, begitupun sebaliknya saat merasakan kesusahan ingatlah bahwa akan datang kesenangan. Karena tidak ada orang yang susah atau senang terus menerus yang ada hanyalah susah senang bersama.

LAPANG DADAlah karena tidak semua keadaan akan selalu kondusif kadang kala dalam kehidupan sosial dan “media sosial” mesti menghadapi berbagai intimidasi, tekanan atau bahkan cercaan dan fitnah. Karena orang berlapang dada dan bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (surah Az-zumar ayat 10). terlebih di bulan suci yang penuh rahmat, magfirah dan penuh ampunan ini.

TAWAKKAL adalah menyandarkan kepada Allah swt tatkala menghadapi suatu kepentingan, bersandar kepadanya dalam waktu kesukaran, teguh hati tatkala ditimpa bencana disertai hati yang tenang dan jiwa yang tentram (Imam Al-Qhazali). Tawakkal saat ini yang diperlukan adalah keteguhan hati dalam menyerahkan urusan kepada orang lain. Sifat ini akan timbul jika kita benar-benar percaya kepada pemerintah, aparat keamanan, tenaga medis dan orang yang diberi amanah terhadap apa yang diamanatkan dan ia dapat memberikan rasa aman terhadap orang yang memberikan amanah.

Bersyukur, Lapang-dada dan Tawakkal (BLT) adalah kunci yang sebenarnya untuk mencapai kebahagiaan ditengah pandemi ini sehingga Iman dan Imun akan terus terjaga sampai akhirnya tiba di hari kemenangan itu.

(*)

Comments (0)
Add Comment