Zainal Daud: Kegiatan Orientasi Penting Untuk Perkuat Fungsi DPRD

DETIKSULAWESI.COM, JAKARTA — Pimpinan dan anggota DewanPerwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), periode 2019-2024, mengikuti kegiatan orientasi, bertempat Gedung Auditorium, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) RI, selama tiga mulai Kamis (31/10/2019) hingga  Sabtu (02/11/2019) mendatang.

Anggota DPRD Sulteng, Drs Hi Zainal M Daud, ketika dihubungi via selulernya, Kamis malam, membenarkan jka isaat ini dirinya bersama pimpinan dan anggota DPRD Sulteng, sedang mengikuti kegiatan orientasi.

Dikatakan, ada tiga hal yang menjadi pokok materi dalam kegiatan orientasi tersebut. Pertama, mengenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah. Kedua, meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI dan Ketiga, meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan Kebangsaan

Selain itu,  kata Zainal Daud, materi orientasi bagi anggota DPRD Provinsi yang baru saja dilantik ini,  juga nantinya akan mencakup pemahaman mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan NKRI.

“Ada juga materi  yang sangat penting terutama terkait  internalisasi integritas, sistem pemerintahan Indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah, pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah serta isu-isu aktual lain,” ungkap Politisi PKB itu.

Menurut Zainal M Daud,  kegiatan orientasi tersebut,  penting untuk memperkuat fungsi kelembagaan DPRD.

“Tentu saja output kegiatan orientasi ini,  akan lebih memperkuat fungsi kelembagaan DPRD. Dan akan lebih  mendorong setiap wakil rakyat untuk lebih berperan aktif dalam perumusan kebijakan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah,” jelas Zainal, yang juga Dewan Pembina FPII Sulteng.

Ditambahkannya,  nantinya ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam acara orientasi dapat diterapkan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

“Tujuannya agar amanat yang diberikan oleh rakyat dapat dipertanggunjawabkan sebagaimana yang diharapkan,” tuturnya.

(Nadir)

Orientasi Anggota DPRDPentingPerkuat Fungsi DPRDsulteng
Comments (0)
Add Comment