Tujuh Tahun Kepemimpinan, Berikut Capaian OD–SK

DETIKSULAWESI.COM, MANADO – Dalam kepemimpinan Tujuh tahun Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey – Steven Kandouw, luar biasa membawa perubahan siknifikan bagi daerah dan berdampak kesejahteraan masyarakat.

Tergambarkan dunia kerja lewat terciptanya lapangan kerja baru di berbagai dunia usaha terbuka lebar, indikatornya angka penurunan yang menjadi fokus program pemerintahan berjalan baik, walau dalam kondisi pemulihan ekonomi pasca pandem Covid-19, mampu diterjemahkan jajaran pemerintahan di bawah kendali Gubernur Olly Dondkambey dan Wagub Steven Kandouw.

Melihat pada data BPS misalnya, menunjukan kondisi ketenaga kerjaan Sulut pada periode laporan antara 2021-2022, terus menunjukan perbaikan lapangan kerja  di tengah peningkatan jumlah angkatan kerja.

Hal ini tercermin dari turunnya tingkat  pengangguran terbuka (TPT) pada tahun 2021 secara keseluruhan berada pada posisi 7,28 persen dan mengalami penurunan pada Februari 2022  menjadi 6,5 persen.

“Menurunnya angka TPT seitar 0,77 poin di banding tahun sebelumnya ini, tidak terlepas dari proses pemulihan ekonomi Sulut sepanjang Triwulan IV-2021 dan triwulan II-2022, dan yang telah mendorong meningkatnya kemampuan dunia usaha dalam melakukan penyerapan tenaga kerja di Sulut,” tutur Kepala BPS Sulut Asim Saputra di Manado, beberapa waktu lalu.

Saputra juga mengatakan, kalau komposisi angkatan kerja pada Februari 2022 terdiri dari 1,19 juta orang penduduk yang bekerja dan 82,57 ribu orang pengangguran. Apabila dibandingkan Februari 2021, terjadi penurunan jumlah angkatan kerja sebanyak 40,63 ribu orang.

“Penduduk bekerja, mengalami peningkatan sebanyak 47,51 ribu orang dan pengangguran menurun sebanyak 6,90 ribu orang,” jelas Saputra.

Dalam setiap kesempatan, Gubernur Olly Dondokambey, selalu menekankan bahwa lewat kerja bersama kita bisa menghadapi berbagai tantangan.

“Tentunya, pemerintah terus berupaya seoptimalnya memberikan pelayanan dan kerja-kerja nyata terhadap masyarakat, terutama dalam meningkatkan perekonomian, menuju kesejahteraan,” tutup Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

(Sis Piero)

Comments (0)
Add Comment