Wali Kota Kotamobagu Terima Buku Pedoman Menghadapi Covid-19 Dari Mendagri

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU — Bersama Gubernur Sulut, Olly Dondokambey serta seluruh Kepala Daerah (Kada) se Sulut, Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara menerima kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Provinsi Sulut, dalam agenda koordinasi kesiapan Pilkada Serentak 2020 dan pengarahan gugus tugas covid-19, Kamis (16/7/2020) kemarin.

Mendagri Tito Karnavian, dalam arahannya menyampaikan Pilkada serentak tahun 2020 dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat Covid-19 tentunya berimplikasi pada bertambahnya anggaran yang dibutuhkan oleh penyelenggara Pemilu. Untuk kelancarannya, Mendagri berharap dukungan dari masyarakat dan menjadikan momentum Pilkada sebagai ajang untuk menekan dan penanganan Covid-19.

“Sekali lagi saya sangat optimis bahwa Pilkada di Sulut bisa berjalan dengan lancar dari sisi anggaran dan sisi kesiapan, sehingga kita memberikan dukungan, masyarakat juga memberikan dukungan. Pilkada menjadi momentum kita untuk menekan kurva pandemi sekaligus juga mendukung ekonomi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan buku pedoman menghadapi Covid- 19 kepada seluruh kepala daerah. Dikatakannya, buku pedoman tersebut merupakan acuan yang jelas terkait penanganan dan penanggulangan Covid-19. Terkhusus, bagi Pemda termasuk penguatan penanganan dan pengendalian Covid-19, serta kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya harap buku ini menjadi pedoman umum dan acuan bagi pemerintah daerah dalam melakukan kesiapsiagaan menghadapi wabah Covid-19 ini,” kata Mendagri.

Sementara itu, Wali Kota Ir. Tatong Bara usai menerima buku pedoman dari Mendagri Tito Karnavian menyampaikan ucapan terima kasih. “Kami jadikan sebagai pedoman dan acuan bagi Pemkot Kotamobagu dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ucap Tatong.

Dikatakannya juga, “Buku pedoman ini merupakan wujud kepedulian Kementerian Dalam Negeri kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

(*)

Comments (0)
Add Comment