Bupati Konsel Lantik Muh Yusuf Sebagai Kadiscapil yang Baru

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL — Sebagai bentuk penyegaran dan lebih memaksimalkan kinerja Birokrasi, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM mengangkat dan melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) Eselon II-b lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel.

Pejabat yang dikukuhkan dan diambil sumpahnya hari ini (Rabu, 1/4/2020) di Auditorium Lantai III Kantor Bupati, yakni Drs. Muh Yusuf menggantikan Nurlita Jaya AS, S.Sos.,MS sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Kadisdukcapil).

Selanjutnya mantan Kadisdukcapil Konsel ini di geser untuk menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra, yang sebelumnya di tempati Muh Yusuf.

Rotasi jabatan tersebut dilaksanakan Bupati, berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 821.22-86 Tahun 2020 Tanggal 13 Januari 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam Jabatan PTP selaku Kadisdukcapil Konsel. Sehingga Bupati mengeluarkan SK No 820/144/2020 Tanggal 1 April 2020 terkait pengangkatan jabatan dimaksud.

Juga, sesuai Surat Mendagri No 821/2496/SJ tanggal 19 Maret 2020 dan Surat Edaran Gubernur Sultra No 821.22/1459 Tanggal 30 Maret 2020, perihal persetujuan pengangkatan dan pelantikan PPTP lingkup Pemda Konsel.

“Pelantikan hari ini sudah sesuai mekanisme dan telah mendapat rekomendasi dari Dirjen Disdukcapil, dan agar lebih kuat kita tetap minta izin Kemendagri, dasar itulah kita kukuhkan saudara,” kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dalam sambutannya usai melantik kedua pejabat ASN tersebut.

Saya berharap, pengambilan sumpah jabatan ini tidak menjadi polemik baik dalam pemerintahan maupun ditengah masyarakat, sebab, mutasi sudah berdasarkan ketentuan dan suatu kewajaran dalam tubuh birokrasi.

Dimana, jika bersangkutan sudah menjabat minimal 2 tahun maka kinerjanya perlu di evaluasi. Olehnya di lakukan rotasi atau pergeseran, selain itu agar tidak bosan di tempat tersebut.

“Mutasi ini hanya sebagai bentuk evaluasi kinerja dan penyegaran birokrasi, juga sudah hal biasa dalam pemerintahan, yang tidak musti disangkut pautkan dengan kepentingan lain,” tuturnya.

Lebih lanjut Surunuddin menginstruksikan agar pejabat yang baru dilantik, untuk melanjutkan program kerja dan meningkatkan hubungan baik yang telah dibangun pejabat sebelumnya, khususnya Didukcapil ke Kemendagri dan pihak terkait lainnya terutama peningkatan pelayanan.

“Saya minta Kadiscapil baru, untuk menjaga hubungan baik dengan Pemerintah Pusat dan pihak lain, yang telah dibangun sedemikia rupa oleh kadis sebelumnya, dengan target perekaman KTP dan KK harus 98% tahun 2020, yang saat ini sudah bagus karena tercapai 96%, sisa ditingkatkan lagi,” perintahnya.

“Dan untuk Ibu Nurlita, saya apresiasi  atas kinerjanya yang baik selama menjabat, dan berharap kinerja bagusnya dapat diterapkan di jabatan barunya yang juga banyak yang perlu dikerjakan,” tambah ia.

Jadi, selamat bertugas, imbuhnya, dan mari bekerja dengan ikhlas sesuai aturan dan mekanisme yang baku untuk Konsel yang lebih baik.

Dikesempatan itu juga, Surunuddin menyampaikan keinginannya kedepan dengan realisasi target Tahun 2021, untuk menyatukan sistem pelayanan OPD dalam satu gedung “Mall Pelayanan Terpadu”, yang didalamnya berkantor Dinas di bidang Pelayanan, seperti Dinas Perizinan, Dishub, Samsat dan Disdukcapil.

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan pengurusan administrasi ke masyarakat, termasuk mengejar target SAKIP  dari nilai B ke BB, hasil penilaian menonjol oleh Kemenpan dibawah pengawasan Ombudsman. Yang mana penilaian Adminitrasi Pelayanan Instansi salah satu indikatornya.

“Olehnya itu, pergeseran pejabat kita laksanakan, dengan harapan kinerja OPD Pemda Konsel semakin baik dari tahun ke tahun, dengan prinsip, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, yang akan tercapai jika kerjasama dan sinergitas kita semua dapat terbangun dengan baik,” tandas Surunuddin.

(Edison)

Comments (0)
Add Comment