Bupati dan Sekda Konsel Turun Langsung ke Masyarakat Sosialisasi Pencegahan Corona

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL — Setelah sehari sebelumnya mengeluarkan Surat Edaran terkait pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona. Hari ini (Sabtu, 28/3/2012) Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga mensosialisasikan edaran tersebut ke masyarakat dengan turun langsung berkunjung ke Pasar Andoolo Utama, Kecamatan Buke.

Tak ketinggalan pada hari yang sama, tepatnya di Pasar Kelurahan Landono, Kecamatan Landono, Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 Konsel, H. Sjarif Sajang melakukan kegiatan serupa.

Dilokasi yang berbeda tersebut, tampak mendampingi Kadis Kesehatan, dr. Maharayu, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, Kadis Kominfo, Anas Mas’ud, Kabag Hukum, Puji, Camat dan Unsur Muspika.

Dalam sosialisasinya, Bupati Konsel, Surunuddin menyampaikan agar masyarakat tetap tenang dan selalu mengikuti himbauan Pemerintah demi kebaikan bersama.

Sosialisasi penting di laksanakan, sambungnya, dalam rangka mencegah penularan virus di lingkungan sekitar yang mengancam hidup kita.

Ia menghimbau, warga menerapkan sosial distancing atau menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter dengan tidak berkumpul, agar tidak tertular virus corona dengan tidak berkumpul.

“Hindari keramaian, jaga jarak dan hindari kontak fisik langsung, gunakan masker bila batuk dan filek dan jaga kesehatan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta selalu berolahraga dan istrahat yang cukup,” imbuhnya.

Tak lupa juga ia menyampaikan agar masyarakat sering mencuci tangan dengan sabun dan meluangkan waktu untuk perbanyak berjemur dibawah sinar matahari.

Surunuddin menyebut, dengan diterapkannya sosial distancing di barengi kedisiplinan dan Do’a keselamatan kepada Allah SWT, berharap masyarakat Konsel bisa terhindar ataupun meminimalisir penularan wabah mematikan tersebut.

Selain itu sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan Corona, dikesempatan itu ia mengungkapkan, bahwa Pemda telah menganggarkan senilai -/+ Rp 4 Milyar yang nantinya akan digunakan untuk penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), Alat Penyemprot Desinfektan, Masker, Pendeteksi Suhu dan alat kesehatan lainnya, termasuk obat-obatan.

Sementara itu, Sekda Konsel, Sjarif Sajang di kesempatan yang berbeda berpesan kelada masyarakat untuk lebih berhati – hati terhadap penyebaran Virus Covid-19. Salah satunya, melepaskan seluruh pakaian dan mandi usai beraktifitas di luar rumah, termasuk mencuci tangan usai memegang uang, dan apabila memungkinkan atau tidak mendesak diharapkan untuk tidak keluar rumah atau sebaiknya menyelesaikan pekerjaan dirumah saja.

“Stay dirumah saja, kecuali ada urusan urgent, mari kita semua disipilin sebelum wabah menghampiri, jangan panik, kesadaran masyarakat dalam kondisi seperti ini sangat diperlukan untuk memutus mata rantai penularan virus Copid-19,” tandas Sjarif.

(Edison)

Comments (0)
Add Comment