Gerobak Baca Menunya Menambah Pengetahuan

DETIKSULAWESI.COM, POHUWATO – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Disperdaked) Kabupaten Pohuwato, Membentuk Inovasi Gerobak Baca (GB) yang bermenukan menambah pengetahuan, dengan harapan bisa menarik Perhatian Pembaca.

Menurut Kepala Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Dra.Lusiana Bouty M.pd kepada detiksulawesi.com, inovasi tersebut dibentuk khusus perpustakaan terbuka sehingga memberikan rasa nyaman lagi buat para pembaca.

“Diluar ruangan minat baca lebih baik lagi karena mungkin ada yang suka membaca diruangan tertutup dan juga diruangan terbuka,” ujar Lusiana. Jum’at (30/8/2019)

Gerobak tersebut nantinya akan diletakkan dibeberapa tempat seperti pohon cinta, universitas dan beberapa tempat lain yang ada di kabupaten.

“Saat ini kami masih mencari petugas keamanan yang menjaga supaya bukunya tidak rusak,” tutur Lusiana.

Kata dia, gerobak baca juga meminjamkan buku untuk dibaca di rumah dengan waktu peminjaman selama tiga hari.

“Bisa dibaca dirumah, tapi dengan syarat harus menjadi anggota perpustakaan dulu,” kata Lusiana.

Kepala bidang koleksi layanan kerjasama bidang perpustakaan Isnarti Mahmud,S.sos menambahkan, inovasi tersebut merupakan koleksi pengembangan bahan pustaka program dari disperdaked.

“Dengan harapan, orang tua bisa mengajak anak bercerita dengan anak 15 menit perhari minimalnya,” lanjutnya.

Dinas perpustakaan daerah dan kearsipan daerah kabupaten pohuwato menyediakan sekitar 30 ribuan lebih judul buku adapun untuk menjadi anggota perpustakaan harus mendaftar kekantor disperdaked, dengan persyaratan yaitu, Fotocopy ktp, pas photo 2×3 warna serta mengisi formulir yang disediakan oleh pihak disperdaked.

“November antara tanggal 7 dan 8 mendatang, dinas perpustakaan dan kearsipan daerah, akan menjadi tuan rumah pelaksanaa Kemah bhakti literasi tingkat provinsi gorontalo tahun 2019,” ia menambahkan.

(Yopi)

Gerobak bacaKepala Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Dra.Lusiana Bouty M.pd
Comments (0)
Add Comment