Desa Tenilo Boalemo Masuk 10 Besar Dalam Lomba Desa Wisata Nusantara

DETIKSULAWESI.COM, BOALEMO — Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, masuk dalam 10 besar dalam lomba desa wisata nusantara untuk kategori berkembang.

Dalam kategori Desa Wisata berkembang ini, Desa Tenilo berada di urutan ke Sembilan dari sepuluh besar dan satu-satunya desa yang ada di Provinsi Gorontalo bahkan pulau Sulawesi.

Penilaian dari tim juri dalam lomba ini yakni tentang pemaparan desa wisata tersebut yang dilakukan di Kantor Direktorat Jenderal dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjet PMD) pada tanggal 20 November 2019.

Hal ini dikatakan oleh salah satu inisiator lomba yakni Zulkarnain Kountul, bahwa pamaparanya sudah dilaksanakan tanggal 20 November lalu.

“Iya pada tanggal 20 november yang lalu, kepala desa tenilo sudah melakukan pemaparan di kementerian desa pada grand final lomba membangun desa wisata nusantara 2019,” ujarnya.

Zulkarnain juga menambahkan, bahwa dalam raihan ini banyak pihak yang turut terlibat.

“Banyak pihak yang terlibat pada perjalanan desa tenilo ini untuk mengikuti lomba desa wisata nusantara ini, baik itu pemerintah daerah, pemerintah desa, bumdes maupun kelompok sadar wisata (pokdarwis) desa tenilo, pada posisi ini Kami hanya memfasilitasi tahapan pendaftaran dan pemenuhan kriteria item lomba yang di persyaratkan sampai dengan materi paparan kepala desa pada grand final lomba yang lalu,” ujarnya lagi.

Dirinya mengungkapkan bahwa pada tanggal 9 Desember nanti akan ada penganugrahan Lomba desa wisata ini.

“Saya baru mendapat email yang mana pada tanggal sembilan desember nanti,  kepala desa tenilo bersama bupati, Kadis sosial, Kadis PMD bersama kadis pariwisata boalemo, di undang untuk penganugrahan lomba desa wisata nusantara 2019 yang akan dilaksanakan di jogyakarta,” tutup Zul sapaan akrabnya.

(HSL)

BoalemoDesa TeniloGorontaloLomba Desa Wisata Nusantara
Comments (0)
Add Comment