Paripurna DPRD Boltim Tetapkan 4 Fraksi

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (04/10/2019) malam, akhirnya menetapkan 4 (empat) fraksi.

Keempat farksi yang terbentuk da telah ditetapkan melalui paripurna diantaranya, Fraksi Amanat Nasional (PAN, PKS, PKB dan Gerindra), Fraksi Restorasi (Nasdem-Demokrat), Fraksi PDIP dan Fraksi Golkar (Golkar, Perindo dan PBB).

Ketua DPRD Boltim, Fuad Landjar, mengatakan, penetapan empat fraksi melalui perdebatan dan lobi-lobi diantara pimpinan partai dan anggota DPRD terpilih.

Dijelaskannya, penyusunan fraksi merupakan kebutuhan parlemen yang termuat dalam pasal 120 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota. Diperkuat lewat Peraturan DPRD Boltim Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD Boltim.

“Alhamdulillah, fraksi di DPRD Boltim, telah terbentuk, keberadaan fraksi bisa mengoptimalkan pelaksaan tugas, fungsi dan wewenang DPRD,” kata Fuad.

Perlu diketahui, kata Fuad, DPRD memiliki peran juga tanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya antara lain, Bugjedting, Pengawasan serta Legislasi untuk merancangkan peraturan daerah serta lainya yang diatur lewat perundang-undangan yang berlaku.

“Ke depan DPRD akan menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD), setelah pimpinan devinitif disahkan dalam sidang paripurna,” ujarnya.

(Parz)

Daftar dan Susunan Nama Empat Fraksi DPRD Boltim:

Fraksi Amanat Nasional:

  1. Titiek S Mamonto, S.Pd (Ketua).
  2. Hj Sutanti Ginoga (Wakil Ketua).
  3. Samsudin Dama (Sekretaris).
  4. Sofyan Alhabsyi (Anggota).
  5. Reevy Lengkong (Anggota).
  6. dr Cerry Komaling (Anggota).
  7. Fuad S Landjar SH (Anggota).

Fraksi PDI Perjuangan:

1.Anthonius Afendy Muaya (Ketua).

2.Wilken Rareho SH (Sekretaris).

3.Medy Lensun ST (Anggota).

Fraksi Restorasi:

1.Seska E Budiman S.Sos (Ketua).

2.Kevin Sumendap (Wakil Ketua).

3.Richi Hadji Ali (Sekretaris).

4.Argo Vinsensius Sumaiku (Anggota).

5.Muhammad Jabir (Anggota).

Fraksi Golkar:

1.Suradi Simbala (Ketua).

2.Hi Sunarto Kadengkang (Wakil Ketua).

3.Rolia Mamonto (Sekretaris).

4.Edsyuko Tendean (Anggota).

5.Dahlan Saniman SIP (Anggota).

 

 

 

Paripurna DPRD BoltimTetapkan 4 Fraksi
Comments (0)
Add Comment