Antisipasi Bencana Alam, Polres Boltim Laksanakan Apel Kesiap-siagaan Tanggap Bencana

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam Polres Bolaang Mongondow (Boltim) melaksanakan Apel gelar Pasukan kesiap-siagaan tanggap bencana bertempat di halaman Polres Boltim, Selasa (20/04/2021) pagi.

Kapolres Boltim AKBP, Irham Halid S.I.K.
mengatakan, tujuan Apel pasukan kesiap-siagaan tanggap bencana dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan daripada personil dan kelengkapan peralatan untuk mengantisipasi kejadian bencana di wilayah Kabupaten Boltim.

“Baru saja tadi pagi kami dari jajaran Polres Boltim bersama-sama dengan pemerintah daerah kemudian Kodim 1303 Bolaang Mongondow, melakukan Apel gelar pasukan kesiap-siagaan tanggap bencana dengan maksud dan tujuan untuk melakukan pengecekan kesiapan daripada personil dan juga perangkat di bawahnya, beserta kelengkapan perlengkapan dalam hal untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, ” ujar kapolres kepada para pewarta.

Lanjut Perwira dua melati ini menambahkan, bahwa belum lama ini BMKG telah mendeteksi adanya potensi Bibit siclon tropis di Samudra Pasifik dari laut Timur Papua yang mempengaruhi bagian utara Indonesia, sehingga berpotensi bencana khususnya Sulawesi Utara, Maluku dan beberapa daerah lainya.

“Kita ketahui bersama belum lama ini sudah ada peringatan dini yang disampaikan oleh BMKG tentang perubahan iklim cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah masuk di wilayah Sulut pasca badai Siclon tropis sehingga berpotensi memicu terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi, ” terang Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan, Akibat intensitas curah hujan cukup lama, pada minggu kemarin telah terjadi longsor dan luapan air sungai setinggi 10 cm di Desa Tobongan dan Desa Paret sehingga memasuki rumah warga.

“Kemarin salah satu wilayah kita yaitu Desa Paret dan tobongon, mengalami sedikit musibah. Terjadi luapan air dari sungai sampai masuk ke beberapa rumah di daerah tersebut, kemudian terjadi longsor, namun Alhamdulillah dengan kesigapan dan kesiapan daripada aparat-aparat kita di lapangan, dibantu masyarakat setempat kita berhasil melakukan evakuasi terhadap material longsor tersebut sehingga akses jalan bisa dilalui kembali, ” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, dengan adanya apel yang kita laksanakan kita mengharapkan adanya sinergitas adanya kerjasama serta komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik antara pihak-pihak terkait baik dari kepolisian TNI maupun pemerintah daerah dalam hal penanganan ataupun penanggulangan bencana alam

“Jadi, tadi kami sudah sampaikan dalam apel untuk saling bersinergi dalam penanggulangan bencana ini. Seperti bagaimana ataupun apa yang harus dilakukan oleh pihak TNI Polri, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas kesehatan, Satpol PP, BPBD, PMI. Ini harus tergambarkan dengan jelas sehingga bisa tahu persis mekanisme penanganan Seperti apa. Sehingga Penanganannya bisa berjalan dengan baik, ” tutupnya.

Dalam Apel gelar Pasukan kesiap-siagaan tanggap bencana tersebut, semua pihak yang terlibat dari Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Sat Pol PP, BPBD PMI mengikuti upacara yang dihadiri Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo, S.E, M.M., Pabung Boltim, Mayor Inf Yopi Tijow, Asisten II Pemkab Boltim, M.R Alung, Asisten III Pemkab Boltim,  Rusmin Mokoagow, Kaban BPBD Elvis Siagian, Kasat Pol PP Saipudin Mokoagow.

(Parz)

Apel gelar Pasukan kesiap-siagaan tanggap bencanaKapolres Boltim AKBP Irham Khalid SIKPolres Boltim
Comments (0)
Add Comment