1,3 M DPMD Boltim Ajukan Bantuan ke Kemendes PDTT

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Sebanyak Rp1,3 miliar, pihak Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengajukan bantuan ke Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT).

Demikian dikatakan Kepala DPMD Pemkab Boltim, Slamet Umbola, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Peningkatan Usaha Ekonomi dan Tepat Guna, Suzan Emor, Senin (11/02/2019) menjelaskan pihaknya telah mengusulkan bantuan beberapa waktu lalu ke Kemdes PDTT, sebanyak Rp1,3 milar, itu untuk 10 BumDes Rp500 juta, tiga embung Rp810 juta.

“Pengajuan permintaan bantuan dari PMD Boltim ke Kementrian Kemendes PDTT hasilnya diterima,” terang Suzan.

Suzan menambahkan, sebelumnya pada tahu kemarin, ada bantuan dari pemerintah pusat untuk BumDes Rp500 juta, untuk kuota 10 Desa dan masing-masing menerima Rp50 juta.

“Untuk saat ini di Boltim, ada 35 dari 80 Desa BumDes masih aktif. sedangkan sisanya pengurusnya baru dibentuk,” paparnya.

Kepala DPMD Kabupaten Boltim, Slamet Umbola, menambahkan, sejauh ini, baru BumDes Atoga Timur, yang paling proaktif dalam memajukan pembangunan di wilayahnya termasuk ke pariwisataan.

“Untuk Desa Atoga Timur, Kecamatan Nuangan, kami telah mengusulkan bantuan sebesar Rp1 miliar lebih guna pengembangan pariwisata,” terang Slamet Umbola.

Olehnya, Slamet mengimbau kepada Sagadi (Kepala Desa), untuk memiliki Bundes, sehigga pemberdayaan di wilayahnya lebih meningkat dengan sendirinya peningkatan kesejahteraan akan terasa.

(matok’s)

BantuanBumDesDPMD BoltimKemendes PDTT
Comments (0)
Add Comment