Wabup Deddy Buka Bimtek Peningkatan Manajemen PAUD, Berikut Penjelasannya

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL – Dengan adanya Manajemen dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), para pengelola atau pimpinan PAUD dapat dimudahkan dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan dalam lembaganya tersebut.

Hal ini dikemukakan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Manajemen Satuan PAUD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2023 di Hotel Aston Manado, Selasa (9/5/2023).

Disebutkan pula bahwa Perencanaan dalam penyelenggaraan PAUD harus dituangkan ke dalam visi misi lembaga, dan strategi untuk mencapai tujuannya. Usahakan dalam membuat perencanaan dilengkapi dengan tabel penjadwalan (time schedule) kapan program mulai dan selesai. Perencanaan ini akan membuat program berjalan matang dan tepat waktu.

“Hal yang tidak kalah penting dalam keberhasilan program PAUD adalah pengorganisasian. Pembagian tugas secara profesional sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing sumber daya individu yang ada,” ujar Wabup Deddy.

Lanjutnya, berkat manajemen PAUD, pengorganisasian akan dapat dilakukan dengan mudah karena komponen PAUD yang di dalamnya memiliki sumber daya yang dapat bekerja bersama-sama akan membentuk sebuah sistem untuk mencapai tujuan tertentu.

“Seorang pengelola atau pimpinan PAUD tidak boleh disibukkan dengan perkerjaan intern lembaga yang dipimpinnya. Ia harus berinovasi agar PAUD yang dipimpinnya dapat berkembang. Pengelola PAUD juga harus turut terlibat dalam kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas,” jelasnya.

“Lewat manajemen PAUD juga, pengawasan akan menjadi lebih mudah karena pengelola PAUD akan membagi pekerjaan terhadap individu-individu yang terlibat guna mencapai tujuan,” tutur Wabup menambahkan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekda M. Arvan Ohy SSTP, MAP, Asisten Administrasi Umum Rikson Paputungan SPd, MPd, para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, para pimpinan PD beserta jajaran ASN dan peserta Bimtek PAUD.

(Advertorial)

Comments (0)
Add Comment