Pemkab Bolsel Gelar Upacara Harlah Pancasila Dirangkaikan Harkitnas 2023

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), memperingati Hari Lahir Pancasila yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 bertempat di Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki (01/06/2023).

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Iskandar Kamaru, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, unsur Forkopimda Kabupaten, perwakilan instansi vertikal, Ketua TP-PKK Ny. Selpian Kamaru-Manoppo, Sekretaris TP-PKK Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Sekda M. Arvan Ohy, para Asisten Sekda, para Staf Ahli dan Khusus, pimpinan PD dan jajaran ASN, para Guru dan Siswa, OKP dan Tokoh-tokoh masyarakat.

Membacakan amanat Mendikburistek Nadiem Makarim pada peringatan Hardiknas 2023, Bupati mengungkap pentingnya peran pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui momentum ini semua pihak harus bekerjasama dan bergerak bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk mencapai Merdeka Belajar.

“Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada semua peserta didik untuk menentukan jenjang, jalur, dan program pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi masing-masing orang. Sehingga tercipta lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan bermakna,” kata Bupati.

Bupati dikesempatan itu juga mengajak, insan pendidikan menyemarakkan hari ini dengan semangat perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Lanjut Bupati Iskandar, menantang jajaran guru untuk berinovasi mengembangkan dunia pendidikan di Bolsel, apalagi baru-baru ini seorang guru asal SMP Negeri Sinombayuga bernama Salehuddin SPd tampil mengharumkan nama daerah dalam ajang Google For Education Leader Series 2023 dengan inovasi belajar offline serasa online memanfaatkan Chromebook.

“Pak Guru Salehuddin walaupun bukan asli Bolsel telah mengharumkan nama daerah di tingkat nasional dengan inovasinya. Oleh karena itu, saya tantang guru-guru anak daerah untuk tunjukkan inovasi dan prestasi dalam mengembangkan dunia pendidikan di Bolsel. Ayo manfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar,” jelasnya.

Kemudian, pada peringatan Harkitnas ke-115 Tahun 2023, Bupati Iskandar membacakan sambutan Plt Menkominfo Moh. Mahfud MD yang mengatakan agar peringatan ini dapat dimaknai sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

“Selain itu, juga dapat dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” kata Bupati.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Iskandar membacakan arahan Presiden Joko Widodo yang menyebut Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, stabilitas sosial dan politik, inflasi terkendali, investasi tumbuh dan lapangan kerja bisa bertambah.

“Stabilitas tersebut dapat dijaga karena persatuan hingga gotong royong seluruh pihak. Nilai-nilai tersebut landasannya Pancasila yang diwariskan Presiden Sukarno. Mari tetap pegang teguh ideologi Pancasila demi kemajuan bangsa Indonesia.Mari terus tanamkan Pancasila dan aktualiasikan nilai-nilainya dalam bermasyarakat” tutup Bupati.

(*/Sis Piero)

Comments (0)
Add Comment