Kesbangpol Bolsel Akan Cairkan Banpol Lima Partai Politik

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sampai saat ini belum mencairkan dana Bantuan Partai Politik (Banpol).

Kepala Kantor Kesbangpol Bolsel, Syukri Van Gobel, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa ada lima partai yang sudah pasti menerima Banpol.

“Jadi yang akan menerima banpol ada lima parpol yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat dan PPP, untuk gerindra, golkar dan pan itu tinggal memasukan surat permohonan dan batasnya itu sampai bulan desember,” ujar Sukri.

Lanjutnya, untuk Partai Amanat Nasional sendiri masih harus memenuhi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK terlebih dahulu.

“Pan masih menunggu LHP dari BPK, kalau sudah dipenuhi maka banpol akan dicairkan, sedangkan untuk hanura tidak akan dicairkan banpolnya dikarenakan hanura sejak 2014 tidak memiliki surat pertanggung jawaban,” ungkap Uli sapaan akrabnya.

Sukri juga menambahakan, untuk Partai Perindo, Nasdem dan PKB dana Banpolnya akan dicairkan pada Tahun 2020.

“Tiga partai ini banpolnya akan cair pada tahun depan, dan untuk dana banpol ini akan dicairkan dua tahap yaitu delapan bulan dan empat bulan, untuk tahap pertama hasil pemilu 2014-2019 dan tahap kedua 2019-2024,” kata Gobel.

Mantan Camat Bolaang Uki ini juga menguraikan cara pembayaranya, “Hitunganya yaitu delapan bulan dibagi dua belas bulan dan dikali perolehan suara dan dikali lagi harga suara, seperti PDIP tahap pertama ini akan menerima 72 juta sekian, cara hitunganya 8÷12×15.242×7150 = 72.653.533,” tutup Sukri yang turut didampingi Kepala Seksi Kewaspadaan Daerah dan Politik Dalam Negeri Harmin Manoppo.

(Utha)

Comments (0)
Add Comment