Susun Kosakata, Balai Bahasa Kembali Datangkan Peneliti di Bintauna

Pengambilan Kosakata Asli Bahasa Daerah Untuk KBBI Daring

 

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT – Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali mendatangkan tim peneliti di wilayah Bintauna, Sabtu (18/10/2020).

Agenda Balai Bahasa kali ini adalah mengadakan penelitian dan pengambilan kosakata asli bahasa Bintauna di wilayah Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Kegiatan yang diagendakan selama dua hari dari tanggal 17 s/d 18 Oktober 2020 ini menurunkan dua orang peneliti dari Balai Bahasa Provinsi Sulut yaitu Febi Aditya Kurniawan dan Diah Erta dengan tema kegiatan Pengambilan data kosakata bahasa Bintauna untuk dimasukan kedalam KBBI Daring.

Para peneliti dalam kegiatan ini melibatkan narasumber dalam bahasa Bintauna yang memahami tentang seluk beluk bahasa Bintauna.

Dua orang Aliansi Adat kecamatan Bintauna ikut terlibat dalam kegiatan ini, yakni Ibrahim Paulus dan Sapdin R. Tombinawa.

Salah satu Narasumber dalam kegiatan ini adalah Riyan Laurestabo, generasi muda Bolmut yang selama ini banyak berkecimpung dalam kegiatan budaya Bintauna.

“Kali ini saya mendampingi para peneliti dari Balai Bahasa Provinsi Sulut, agendanya adalah pendalaman tentang kosakata Bintauna,” ujar Riyan yang merupakan pegiat budaya Bintauna ini.

Riyan, salah satu generasi muda Bintauna yang telah lama berkecimpung dalam pelestarian budaya ini mengungkapkan bahwa ini adalah upaya yang baik dari Balai Bahasa.

“Dengan adanya kegiatan ini, bahasa atau kosakata yang sudah lama terpendam dan tidak lagi digunakan, muncul kepermukaan, bahasa yang merupakan hasil kebudayaan ini akan tetap lestari,” ungkap Riyan.

(ridwan)

Comments (0)
Add Comment