Upacara HUT Kabupaten Bolmong ke 69 Sukses Digelar

DETIKSULAWESI.COM, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bolmong ke-69, yang dipusatkan di lapangan upacara Kantor Bupati Bolmong, Lolak (28/3/2023).

Tampak Bupati Bolmong Ir. Limi Mokodompit, saat memasuki panggung utama, disambut dengan tarian adat kebesaran Mongondow, yakni Tuitan disertai dengan Itum – itum.
Selanjutnya upacara peringatan HUT Bolmong diawali dengan pembacaan sejarah singkat oleh Ketua DPRD Kabupaten Bolmong, Welty Komaling.

Setelah pembacaan sejarah singkat Kabupaten Bolmong, dilanjutkan dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih, diiringi lagu Indonesia Raya.

Usai pengibaran bendera, dilanjutkan dengan penyampaian pidato oleh Bupati Bolmong, Ir. Limi Mokodompit.

Dalam pidatonya, Bupati Limi menyampaikan ucapan selamat HUT untuk Kabupaten Bolmong yang ke-69 Tahun.

“Melalui kesempatan ini saya dan pemeritah, mengucapkan selamat hari jadi untuk Kabupaten Bolmong yang ke-69, semoga semakin maju dan berkembang,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, menyampaikan bahwa proses pembangunan Kabupaten Bolmong, tidak lepas dari peran para pemimpin sebelumnya hingga sekarang.

“Proses pembangunan Kabupaten Bolmong di warnai dengan perjuangan, tetesan keringat, darah dan airmata oleh para pemimpin kita sebelumnya, yang kemudian dilanjutkan oleh para pemimpin hingga sekarang,” jelas Bupati.

Menyikapi perkembangan saat ini lanjut Limi, kita semua dituntut untuk peka dan bertanggung jawab terhadap tugas kita masing – masing, sesuai tema yang kita usung yaitu “Kita Tingkatkan Daya Saing Daerah Menuju Lumbung Pangan Regional Kawasan Indonesia Timu”.

“Tema tersebut mengajak kita semua untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang kita miliki saat ini dengan memaknai momentum HUT Bolmong ke-69 tahun ini sebagai wahana untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah kita laksanakan dalam berkontribusi memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah kabupaten Bolaang Mogondow,” ajak Bupati.

Bupati Limi juga mengimbau kepada seluruh para pemangku kepentingan, agar menjadikan momentum peringatan kali ini sebagai dorongan untuk mengasah kepekaan dan kejelian, serta kemampuan membaca berbagai persoalan strategis yang tegah didalami oleh daerah dimasa sekarang dan yang akan datang, dan dijadikan agenda penting dalam mewujudkan masa depan Kabupaten Bolaang Mogondow yang lebih baik.

“Momentum peringatan HUT kali ini, mari kita jadikan sebagai wahana untuk meneguhkan komitmen besatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik bagi kabupaten Bolaang Mogondow,sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi kita masing – masing,” kata Bupati mengakhiri pidatonya.

Diketahui peringatan HUT Bolmong yang ke-69 tersebut dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, diantaranya Launching Langkah Inovatif Membebaskan Stunting (LIMI),
Kemudian penyerahan bantuan makanan tambahan kepada masyarkat yang diserahkan secara simbolis kepada orang anak balita Anak Secara Simbolis.

Penyerahan Secara Simbolis SPPT / DHKP kpd 3 Orang Perwakilan Camat, yang diwakili oleh Camat Dumoga dan Camat Passi Barat.
Terakhir penyerahan bonus berupa uang tunai kepada para atlet atau kontingen Bolmong yang berhasil meraih medali saat mengikuti pertandingan di Porprov Sulut ke-XI tahun 2022 yang dilaksanakan di Bolmong.

Turut hadir dalam peringatan HUT Bolmong yang ke-69 tersebut selain para pejabat tinggi pratama Pemkab Bolmong, juga dihadiri seluru ASN dilingkup Pemkab Bolmong, Forkopimda Bolmong, Kapolres Kota Kotamobagu, Dandim 1303 BM,Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Kepala Pengadilan Negeri BM, tetamu dari provinsi maupun daerah tetangga yang ada di Bolmong Raya (BMR), pelajar SD dan SMP beserta guru-guru, dan Tokoh masyatrakat

(Sis Piero)

Comments (0)
Add Comment