Bupati Limi Mokodompit Ajak Perayaan Tulude Harus Tetap Dilestarikan

DETIKSULAWESI.COM, BOLMONG – Sabtu, (04/02/2023), Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, menghadiri upacara perayaan Tulude di Desa Tiberias, Kecamatan Poigar.

Dalam sambutan Bupati Bolmong, mengajak kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara toleransi antar umat beragama.

“Masyarakat Bolmong yang sangat menjunjung tinggi moto leluhur yaitu Mototompiaan, Mototanoban, Bo Mototanoban, yang dibingkai dengan Mo’oaheran dan Mosobahasaan. Sehingga menjadikan wilayah Kecamatan Poigar ini adalah salah satu baromoter kerukunan antar umat beragama,” tutur Bupati.

Lanjut Bupati, ada tiga etnis suku besar yang hidup berdampingan di Kecamatan Poigar, antara lain, etnis Mongondow, Minahasa dan Nusa Utara. Sehingga perayaan Tulude harus tetap dilestarikan.

“Agendanya harus rutin dan turun menurun, karena dengan ini juga saudaraku masyarakat etnis Nusa Utara di Kabupaten Bolmong semakin mencintai budaya dan adat-istiadatnya, dimana hal ini juga sebagai senjata untuk menangkal trend Globalisasi dan Modorenisasi yang dapat mengakibatkan generasi muda semakin melupakan warisan budaya lokal sebagai kekayaan bangsa kita sejak dahulu kala,” jelas Bupati.

Tampak hadir juga dalam perayaan, Danramil Poigar, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kasat Pol PP dan Camat serta Sangadi.

(Sis Piero)

Comments (0)
Add Comment