Mengenal Lebih Dekat Imam Ahmad di Kota Bitung

DETIKSULAWESI.COM, BITUNG – Setiap tahun, umat muslim di Indonesia merayakan Idul Adha. Dengan momen Hari Raya Qurban (Idul Adha) umat diharapkan dapat meneladani sikap kesabaran hingga ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim.

Hal ini juga turut dirayakan oleh umat muslim di Kota Bitung, dengan melakukan penyembelihan hewan qurban berupa sapi atau kambing.

Dan sosok yang selalu dicari – cari sebagai aktor penyembelih hewan qurban adalah Ahmad Duhe atau akrab disapa Imam Ahmad.

Pada Idul Adha 1441 H kali ini yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020, Kepolisian Resor (Polres) Bitung melaksanakan penyembelihan hewan Qurban yang diserahkan langsung oleh Kapolres Bitung AKBP F.X Winardi Prabowo SIK.

Imam Ahmad dipercayakan oleh panitia pelaksana Idul Adha Polres Bitung untuk menyembelih dua ekor sapi dan satu ekor kambing.

Siapakah Imam Ahmad? Sosok sederhana yang berprofesi sebagai petani ini ternyata dikenal oleh Wali Kota Bitung maupun Bupati Minahasa Utara serta pejabat – pejabat tinggi negara lainnya.

Dari informasi yang diperoleh, Imam Ahmad selalu dipercayakan oleh Pemerintah Kota Bitung maupun lembaga negara lainnya, untuk melakukan penyembelihan hewan.

Dimasa Kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan SIK MSi menjabat, Imam Ahmad diundang dan dipercayakan sebagai penyembelih hewan qurban.

Begiti juga sehari menjelang Idul Fitri 1441 H, Imam Ahmad dipercayakan oleh Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban untuk menyembelih sapi sebanyak dua ekor.

Beliau juga dikenal baik oleh Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Matiri, termasuk Bupati Minahasa Utara Vonni A. Panambunan.

Ketika digali lebih dalam oleh detiksulawesi.com tentang sosok sederhana ini, didapatkan informasi bahwa Imam Ahmad bersama Almarhum Suparjo Wirodimedjo adalah pendiri beberapa masjid di Kota Bitung.

Imam Ahmad bersama Almarhum Suparjo Wirodimedjo (pengurus Nahdlatul Ulama Kota Bitung pada waktu itu) mendirikan masjid Al – Amanah di Wangurer Timur, mendirikan masjid Al – Azhar di Wangurer serta salah satu masjid di Pinokalan.

Saat diwawancarai oleh media ini, apa yang menyebabkan beliau mau melakukan penyembelihan hewan qurban, terlebih khusus pada momenum Idul Adha?

“Disaat menyembelih hewan qurban tersebut, saya menyisipkan doa kepada Allah agar diberikan kesabaran seperti sabarnya Nabi Ayub dan Nabi Ibrahim serta kekuatan dalam menghadapi segala cobaan, seperti cobaan pandemi virus corona saat ini,” tutur Imam Ahmad sambil tersenyum, Sabtu (01/08/2020).

(rau)

Comments (0)
Add Comment