Wali Kota Tatong Bara Dikukuhkan Sebagai Bunda Gendre

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara menjadi kepala daerah pertama di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dikukuhkan sebagai Bunda Generasi Berencana (Genre) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Sulut, bertempat di Aula rumah dinas wali kota, Rabu (21/10).

Kegiatan pengukuhan Bunda Genre kepada wali kota Tatong Bara ini dilakukan langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut, Ir Tino Tandayu M.Erg dan turut dihadiri ketua tim Penggerak PKK Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, Asisten I Setda Kotamobagu, Teddy Makalalag, pimpinan OPD, pegawai dan staf BKKBN Sulut serta duta Genre Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP-KB) Kotamobagu, Al Jufri Ngandu, dalam laporan kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa adapun yang melatarbelakangi pengukuhan Bunda Genre ini adalah komitmen dan Ketokohan Wali Kota Tatong Bara dalam meningkatkan partisipasi dan peran remaja dalam program kesehatan reproduksi dan pembangunan karakter remaja di Kota Kotamobagu yang mencakup tiga kategori utama yaitu, generasi yang terbebas dari perkawinan dini, generasi yang menjauhi seks bebas dan generasi anti narkoba.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut, Ir Tino Tandayu M.Erg mengatakan, penganugerahan ini merupakan yang pertama di tingkat kabupaten/kota se Provinsi Sulawesi Utara. Menurutnya, Wali kota Kotamobagu sangat layak mendapatkan penghargaan Bunda Genre karena keberhasilannya dalam membina generasi muda.

“Generasi muda perlu ada seorang tokoh pemimpin yang mengarahkan setiap generasi untuk menjadi sumber daya manusia Indonesia ke depan. Oleh karena itu, kami memberikan penghargaan Bunda Genre kepada ibu wali kota karena berkat keberhasilan-keberhasilan beliau baik di tingkat provinsi maupun nasional Kota Kotamobagu sudah berbicara,” ungkapnya.

Dirinya berharap, kedepan Kota Kotamobagu bisa menghasilkan pemimpin yang sudah diberi contoh sebagai role model adalah wali kota Tatong Bara dan generasi muda boleh tampil menjadi tonggak untuk Indonesia emas tahun 2010.

“Bukan hanya untuk sulawesi utara, tapi juga untuk tingkat internasional,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa Genre itu punya forum yakni Forum Genre Indonesia.

“Jadi forum genre Indonesia itu ada terbagi di 15 kabupaten/kota, termasuk di Kota Kotamobagu. Tetapi yang membedakan adalah prestasi. Kita menilai semua berdasarkan prestasi yang sudah ada,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tatong Bara menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada pihak BKKBN provinsi yang telah memberikan penghargaan Bunda Genre.

“Ini penghargaan mulia, namun berat. Karena yang kita urus adalah satu masa kehidupan yang masuk pada periode yang sangat rawan di masa remaja. Nah, di sini kita tahu persis tahun 2030 dalah tahun emas, perempuan juga 50 terlibat di dalam semua kegiatan. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kalau kita mau menuju ke era ke sana, maka itu kita harus mulai membangun dari sekarang,” kata wali kota.

Lanjutnya, Kota Kotamobagu juga sudah jauh melakukan banyak hal dan tanpa disadari mendapat penghargaan baik tingkat nasional maupun di provinsi terkait diruang lingkup BKKBN.

“Baik saya secara pribadi mendapat lencana maupun kegiatan-kegiatan baik PIKR maupun Genre ini kita menuai prestasi di tingkat provinsi. Jadi mari kita emban sama-sama tugas ini untuk bagaimana memberikan edukasi kepada generasi muda untuk katakan tidak pada tiga hal yaitu; seks pra nikah, pernikahan dini dan menjauhi narkoba, itu yang menjadi misi dari pemuda untuk kita jadikan satu garda untuk mensosialisasikan ini dan diharapkan ini terlaksana karena pemuda itu pasti kuat. Pemuda kuat Indonesia pasti maju,” pungkasnya.

Berikut Prestasi-prestasi di bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Genre Kotamobagu:

  1. Juara I Putri dan Juara III Putra Duta Genre Sulawesi Utara Tahun 2018
  2. Juara III Putri dan Juara III Putra Duta Genre Sulawesi Utara Tahun 2019
  3. Winner Social Media Putri Duta Genre Sulawesi Utara Tahun 2019
  4. Mewakili Provinsi Sulawesi Utara dalam Sharing Session Voice Your Right Tingkat Nasional pada ADU-JAK Genre 2019
  5. Juara III Nasional Lomba Cover Theme Song BKKBN mewakili provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020
  6. Juara II Nasional vlog Competition Activity Edukasi Covid-19 dengan judul “Fungsi Keluarga di Tengah Corona” tahun 2019
  7. Juara I dan III Putri, Juara III Putra dan Best Motivator Duta Genre Sulawesi Utara Tahun 2020
  8. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat tahun 2016
  9. Penghargaan Satya Lencana Pembangunan Program KKBPK dari Presiden Republik Indonesia tahun 2018
  10. Piagam penghargaan sebagai kota dengan kuantitas Pencanangan SSK dan Pojok Kependudukan Terbanyak tahun 2019
  11. Piagam Penghargaan Juara II Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka HARGANAS ke-27 kategori Capaian KB Pasca Persalinan/Pasca Keguguran Sulawesi Utara

(Advertorial)

Leave A Reply

Your email address will not be published.