Peringatan HUT Provinsi Sulut ke-55 di Kotamobagu

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-55 digelar Pemerintah Kota Kotamobagu, Senin (23/9/2019), bertempat di lapangan Boki Hontinimbang.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan SH.

Nayodo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondikambey, menyampaikan hari ini provinsi Sulawesi Utara genap berusia 55 tahun, tentunya disamping rasa syukur patut dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita diharuskan mampu memaknai peringatan hari ulang tahun sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu, dan apa yang telah kita upayakan dalam melanjutkan perjuangan para pendahulu, untuk membawa daerah ini semakin maju, semakin berkembang dan semakin Sejahtera,” kata Nayodo.

“Semoga di usia 55 tahun Provinsi Sulawesi Utara, persatuan dan kebersamaan kita dalam membangun bangsa dan daerah akan tetap terjaga. Sehingga ke depan progres pembangunan di Sulawesi Utara akan semakin baik yang pada muaranya dapat menjadikan sulut semakin hebat lagi,” sambungnya.

Menjadi harapan juga dalam momentum bersejarah ini seluruh masyarakat Sulawesi Utara dari miangas sampai pinogaluman, akan menyatakan tekad sikap dan komitmen untuk tidak berhenti mendukung arah pembangunan pemerintah pusat.

Khususnya dalam membangun dan menjadi sumber daya manusia unggul, untuk memberikan kontribusi bagi terwujudnya Indonesia maju. Berkat persatuan dan kebersamaan yang kuat kita mampu merajut tantangan-tantangan pembangunan menjadi peluang bahkan kekuatan Sulawesi Utara dalam menghadapi era persaingan global.

Nayodo menjelaskan, Sulut berhasil mewujudkan sejumlah program pembangunan yang progresnya bisa dilihat dari capaian makro pembangunan daerah Sulawesi Utara, antara lain indeks pembangunan manusia yang terus meningkat dalam 3 tahun terakhir dari angka 71,05 tahun 2016 menjadi 71,66 pada tahun 2017 dan mencapai 72,2 tahun 2018.

“Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang selalu berada pada angka di atas 6% atau lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5%. Inflasi daerah yang semakin terkendali dimana dengan kemampuan kita menekan inflasi sehingga berada pada angka 3,83%, di tahun 2018 telah menjadikan Sulawesi utara ditetapkan sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia dalam hal pengendalian inflasi daerah diproyeksikan inflasi daerah pada tahun 2019 akan berada pada angka 3,60%,” jelasnya.

Rasio masyarakat Sulawesi Utara yang selalu berada di level 0,3 persentase Penduduk miskin Sulawesi Utara yang selalu berada di bawah rata-rata Angka kemiskinan nasional, tercatat Angka kemiskinan Sulawesi Utara pada tahun 2018 sebesar 7,66%, dimana angka ini masih menjadikan Sulawesi Utara sebagai daerah angka persentase Penduduk miskin terendah di wilayah provinsi Sulawesi.

“Angka pengangguran Sulawesi Utara yang berada pada Agustus 2018 sebesar 6,86% guru 0,32%, dalam setahun terakhir di luar pembangunan daerah ini, masih ada begitu banyak kesuksesan dan keberhasilan lainnya yang kita raih dan uraikan,” ungkap Nayodo.

Dalam kurun waktu setahun terakhir ini kata dia, telah menyelenggarakan pemilihan umum presiden wakil presiden, serta anggota legislatif 17 April 2019 hingga berjalan dengan aman lancar.

“Kerjakan bersama berbagai capaian keberhasilan dan kesuksesan, Jadikan motivasi untuk kedepannya terus berbuat dan berkarya baik bagi kemajuan daerah tercinta, dan setiap kegagalan, kekurangan dan keberhasilan harus menjadi pembelajaran untuk perbaikan dan penyempurnaan di tahun-tahun ke depan,” ujarnya.

“Saya mengajak kita sekalian untuk terus bekerja bersama menerapkan budaya, demi keberhasilan pembangunan dan pencapaian visi Pembangunan Daerah serta kontribusi terhadap visi pembangunan di kanca nasional,” ucap Nayodo menambahkan.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.