5 Tips Tidur Berkualitas, Salah Satunya Pakai Pakaian yang Tepat!

0

UNTUK mendapatkan badan yang sehat dan bugar, tentu semua aspek harus diperhatikan. Selain makanan dan berolahraga, nyatanya kualitas tidur juga memberikan pengaruh yang besar untuk kesehatan badan.

Kualitas tidur yang baik bisa membuat badan dan otak bisa bekerja secara efektif. Tetapi dewasa ini, banyak orang yang mengalami kesulitan tidur. Alhasil, kualitas tidur pun menurun.

Lantas bagaimana cara membentuk kualitas tidur yang baik? Apa saja penyebab yang bisa dihindari demi mendapatkan kualitas tidur yang tepat? Simak di bawah ini, yuk!

Penyebab Tidur Tidak Berkualitas

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/rUc9hVE-L-E?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Banyak faktor yang menghambat kualitas tidur menjadi terganggu. Penyebabnya variatif, mulai dari faktor usia, tingkat stress, efek obat-obatan, atau mungkin juga karena kondisi medis tertentu. Ada juga faktor dari piyama tidur.

Iya, salah satu penyebab tidur tidak berkualitas adalah piyama yang tidak nyaman. Blibli menyediakan piyama satin yang membantu tidur Anda lebih berkualitas. Anda bisa mencari di Blibli dengan klik link https://www.blibli.com/jual/baju-tidur-satin.

Kenapa harus satin? Karena bahan ini sangat lembut dan ringan. Lalu, bahan ini juga tidak menimbulkan panas. Jadi, saat tidur mengenakan piyama satin, Anda bisa tidur lebih nyaman dan nyenyak. Tidak perlu merasa kepanasan atau gatal karena bahan satin sangat halus.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, piyama berbahan satin ini mudah didapatkan lewat Blibli. Banyak pilihan piyama satin dengan warna yang menarik di Blibli. Untuk yang berhijab, Anda juga bisa memilih model piyama berlengan panjang di Blibli.

Tidak perlu khawatir soal pengiriman, karena Blibli menjamin pengiriman yang aman dengan menjaga kondisi barang saat pengiriman. Yang lebih asyiknya lagi, Blibli selalu memberikan diskon untuk setiap barang tertentu. Jadi, Anda bisa lebih hemat, kan?

Berikut 5 Tips Tidur Berkualitas

Kalau Anda sudah memiliki baju tidur yang nyaman, sekarang saatnya melakukan beberapa tips tidur berkualitas di bawah ini:

  1. Tips pertama, tidur siang secukupnya, jangan terlalu lama. Memang tidur siang itu bagus, tapi jika durasinya berlebihan, hal tersebut akan membuat Anda kesulitan tidur di malam hari. Sewajarnya, tidur siang itu tidak lebih dari 20 menit. Untuk menghindari tidur siang berlebih, silakan alihkan ke kegiatan lain, misalnya jalan kaki atau mengobrol dengan orang terdekat.
  2. Kenakan piyama tidur yang tepat. Tepat di sini memiliki arti nyaman saat dikenakan di badan, tidak membuat badan gerah, dan punya bahan yang lembut sehingga tidak membuat badan gatal.
  3. Disarankan untuk tidak makan makanan berat satu jam sebelum tidur karena bisa membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Jika sudah begitu maka badan akan kesulitan untuk istirahat. Jika sulit menahan lapar, cobalah untuk menyiasatinya dengan makanan ringan, seperti susu, sereal, atau biskuit.
  4. Tahanlah godaan untuk tidak minum kopi sebelum tidur. Kopi mengandung kafein yang bisa menahan kantuk. Meski sudah memaksa untuk tidur, biasanya Anda bisa terbangun di malam hari. Terbangun saat sedang tidur adalah salah satu ciri kualitas tidur yang tidak sehat.
  5. Terakhir, usahakan mematikan perangkat elektronik sebelum tidur. Matikan HP saat Anda sudah berada di kasur. Buatlah diri Anda rileks tanpa memikirkan kegiatan yang menanti di esok hari. Pejam erat mata tanpa perlu melihat notifikasi dari HP yang berdering. Kalau perlu, matikan lampu kamar agar suasana lebih nyaman dan tenang.

Itulah tadi beberapa tips dan penyebab kualitas tidur berkurang. Saran lainnya adalah, Anda bisa coba membuat jadwal tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau punya cara lainnya, silakan beritahu pembaca di kolom komentar, ya.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.