Tahun Depan Pemerintah Pusat dan Propinsi Prioritaskan Pembangunan di Bolsel

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Komisi V, H Herson Mayulu SIP, lakukan peninjauan langsung pembangunan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Desa Biniha Selatan Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), pekan kemarin.

Sela-sela kunjungannya, politisi yang sering disapa masyarakat bolsel Om Oku itu, berharap. Program melibatkan masyarakat langsung untuk bekerja, dimana katanya juga, proses pelaksanaan pembangunan P3TGAI sudah harus dirasakan oleh masyarakat lewat Padat Karya Tunai (PKT).

“P3TGAI di peruntukan untuk membantu ekonomi masyarakat karena itu pekerjaannya harus menggunakan model PKT,” ujar Herson.

Ketua Kelompok Fraksi PDI-P di Komisi V, itu juga mengatakan. Anggaran untuk APBD Kabupaten dan kota jumlahnya tidak terlalu besar.

“Maka terbatas dalam menjawab kebutuhan pembangunan di daerah, oleh sebab itu perlu didukung dengan bantuan-bantuan dari Pemerintah Pusat dan pemerintah provinsi, seperti halnya program P3TGAI ini,” katanya.

H2M (Sapan politik untuk Herson Mayulu). Untuk Kabupaten Bolsel, tahun 2021, Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) lewat Gubernur Olly Dondokambey telah merencanakan memberikan dukungan dana bagi kelanjutan pembangunan Islamic Center.

“Khusus untuk Kecamatan Helumo akan masuk anggaran Rp9 miliar lebih yang dialokasikan Kementerian PUPR bagi pembangunan tanggul penahan ombak di Desa Bakida,” jelasnya.

“Semua itu merupakan langkah nyata dan keseriusan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten Bolsel saat ini, dalam melaksanakan pembangunan demi mensejahterakan masyarakat,” ucap Herson.

Kepala Balai Sungai Sulawesi, Bastari, dalam sambutan singkatnya mengatakan, Program P3TGAI dapat membantu peningkatan produksi warga Bolsel.

“Semoga program P3TGAI ini dapat membantu masyarakat desa Biniha Selatan, terutama dari segi peningkatan produksi padi sawah,” ujarnya.

Sekedar diketahui, selesai melakukan peninjauan Program P3TGAI di desa Biniha Selatan, H Herson Mayulu SIP dan Kepala Balai Wilayah Sungai, Sulawesi I, Ir Bastari M Eng, melanjutkan peninjauan rehabilitasi pasca banjir Sungai Milongadaa dan Sungai Pilolahunga.

Turut hadir Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Ir. Bastari, M.Eng, Satker P3TGAI Ellen Cumentas, PPK Ronald Parengkuan, Camat Helumo Noldy Tangahu, kepala-kepala desa se kecamatan Helumo dan masyarakat umum.

Peliput: Ebby Makalalag

Leave A Reply

Your email address will not be published.