Wakil Ketua TP PKK Konsel Buka Kegiatan BKGN 2019

0

DETIKSULAWESI.COM, KONSEL – Memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2019, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kendari menggelar Penyuluhan dan Sikat Gigi Massal di Pelataran SDN 1 Ranomeeto, Sabtu (12/10/2019).

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Pemeriksaan, Perawatan Gigi dan Mulut serta Fissure Sealant Anak Usia Sekolah ini dibuka dan ditandai dengan pelepasan balon oleh Wakil Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Ariyati Sjarif, SKM di dampingi Ketua PDGI Kendari, drg. Mareyke Muskitta,M.Kes dan Kadinkes Konsel, dr. Maharayu dan kepala sekolah SDN I Ranomeeto ASMAD,S.Pd.

Sebanyak 70 Dokter Gigi turut berpartisipasi dalam kegiatan BKGN tersebut, dan melibatkan 1.120 Siswa-siswi dari Sekolah SDN 01, 04 dan 11 Ranomeeto, serta SDN 02 Onewila. Dimana sikat gigi massal anak-anak dipandu Drg. Kardiani Latief, M.Kes yang kesehariannya bertugas di RSUD Abunawas Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Ariyati Sjarif, mewakili Ketua TP-PKK Konsel menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PDGI Kendari bersama Sponsor atas dilangsungkannya kegiatan di Kabupaten Konsel.
Ini merupakan momentum untuk meningkatkan semangat, komitmen dan gerakan nyata peduli kesehatan.

“Terima kasih dan apresiasi kepada PDGI dan pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini, yang sejalan dengan program kerja Pemda dibidang kesehatan, khususnya kepada anak untuk menanamkan sejak dini akan pentingnya pengetahuan kesehatan dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut,” jelas Ariyati.

Acara ini selain memberikan dampak langsung kepada anak-anak, tambahnya, juga sebagai bentuk dukungan terhadap program kerja Pemda Konsel dalam rangka menjaga dan memasyarakatkan kesehatan.

Sehingga, Ketua DWP Konsel ini juga berharap agar keluarga besar SDN yang diundang, memamfaatkan kegiatan langka ini sebaik-baiknya, karena tidak semua sekolah mendapat kesempatan yang sama, sekaligus berharap acara dapat berjalan lancar dan sukses.

Sedangkan dalam laporannya, Ketua PDGI Cabang Kendari, drg. Mareyke Muskitta mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Pengurus PDGI Pusat bersama pihak perusahaan Pepsodent dan Unilever dalam rangka memperingati BKGN dengan mengangkat tema “Pahlawan Senyum”.

Yang mana tahun ini, lanjutnya, wilayah Konsel terpilih untuk melaksanakan kegiatan sikat gigi massal dan kegiatan lainnya dari 17 Kab/Kota yang ada di Sultra dan dari 40 Cabang PDGI se- Indonesia. Yang juga dipilih karena keaktifan pengurus dokter gigi Konsel yang masih tergabung dalam satu wadah dibawah PDGI Cab Kendari dan karena perhatian lebih Pemda Konsel dibidang kesehatan melalui Dinkesnya.

“Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama PDGI Pusat dan Cabang Kendari bersama perusahaan nasional Pepsodent, Unilever dan sponsor lokal Maxima Lab Klinik dan Klinik Diagnostik Rapha, dengan melibatkan 70 dokter dan 1120 peserta dari anak sekolah dasar, terdiri dari penyuluhan, pemeriksaan gigi, fissure sealant, sikat gigi massal dan senam sikat gigi bersama,” bebernya.

Dikesempatan tersebut, Dokter Gigi yang kesehariannya bertugas di Puskesmas Poasia ini juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan penuh Pemda dan TP-PKK Konsel sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai target. Dan berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah.

Sementara itu, ketika diwawancara usai acara, Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin yang tiba dilokasi kegiatan saat acara sudah berlangsung, menyampaikan rasa bangganya karena Konsel terpilih sebagai lokus kegiatan BKGN 2019, sekaligus menyampaikan terima kasih kepada PDGI Cab Kendari dan seluruh.

Turut hadir Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, SH, Kapolsek Ranomeeto, AKP Dedi Hartoyo, S.Pi, Camat Ranomeeto, Ambolaa, S.Sos.,M.Si dan Penanggung Jawab Kegiatan, drg. Anggraeni Usman.

(Edison)

Leave A Reply

Your email address will not be published.