Pemkab Bolmut Gelar Apel Perdana di Awal Tahun 2022, Berikut Sambutan Bupati

0

DETIKSULAWESI.COM,BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), hari ini, Senin (03/01/2022) menggelar apel kerja perdana di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati.

Apel perdana ini digelar dalam rangka mengawali tahun 2022, bertindak sebagai pembina apel adalah Bupati Bolmut, Drs.Hi. Depri Pontoh.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bolmut, Drs. H. Amin Lasena, M.AP, PJ. Sekretaris Daerah Bolmut, Rahmat R. Pontoh, SH., M.Si, Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli Bupati Bolmut, Pimpinan OPD, dan Para ASN Dilingkungan Pemkab Bolmut.

Berikut petikan sambutan Bupati Bolmut :

Melalui Kesempatan yang Baik ini, saya atas nama pribadi, keluarga dan selaku Bupati Bolmut Menyampaikan ucapan selamat hari natal 25 desember 2021 kepada segenap umat kristiani dan selamat tahun baru 1 Januari 2022 bagi kita sekalian.

Momentum apel perdana ini, saya pandang memiliki makna yang penting dan strategis. Saya katakan demikian, karena momentum ini, merupakan wahana yang tepat untuk kita merenungkan kilas balik perjalanan kabupaten Bolmut serta mengevaluasi hasil kerja kita di tahun 2021, sebagai refleksi untuk melakukan penambahan penambahan fundamental sehingga kedepan, proses penyelenggaraan pemerintahan akan lebih kuat, terarah, optimal, efektif dan efisien.

Tahun ini, kita akan menapaki tahun ke empat dalam pelaksanaan RPJMD tahun 2018-2023, dimana tema pembagunan di tahun 2022 ini, adalah ” Melanjutkan Pembagunan Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Yang didukung dengan 5 arahan Perioritas Pembangunan Yaitu:

Penurunan Angka kemiskinan dan pengangguran. Dengan sasaran, meningkatnya pendapatan masyarakat dan menurunkan beban pengeluaran keluarga miskin.

Peningkatkan kualitas SDM masyarakat. Dengan sasaran, meningkatnya kualitas pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat.

Peningkatan daya saing produk unggulan daerah. Dengan sasaran, meningkatnya pengelolaan potensi unggulan lokal daerah (pertanian, perikanan dan pariwisata).

Penyerderhanaan briokrasi dan peningkatan pelayanan publik. Dengan sasaran, meningkatnya kualitas penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik yang refonsif dan akuntabel (Berbasis IT) dan.

Pemantapan infrastruktur dasar dan infrasturktur penunjan. Dengan sasaran, meningkatnya pelayanan infrakstruktur yang mendukung perfoma wilayah, meningkatnya pengendalian pemanfatan ruang dan meningkatnya pengelolaan kualitas lingkungan hidup.

Berdasarkan kelima arah prioritas pembangunan diatas maka arah kebijakan ekonomi tahun 2022, ditargetkan sebagai berikut:

Pertama, Angka kemiskinan ditargetkan 8,21 Persen.
Kedua, tingkat pengagguran terbuka ditergetkan 3,75 Persen.
Ketiga, nilai PDRB atas dasar harga berlaku (ADHB) diperkirakan mencapai 3,09 trilyun rupiah, dengan PDRB ADHB per kapita sebesar 36.78 juta rupiah.
Keempat, nilai PDRB atas dasar harga konstan (ADHK) diperkirakan mencapai 1,90 trilyun rupiah dengan PDRB ADHK perkapita sebesar 22,72 juta rupiah.
Kelima, laju pertumbuhan sebesar 5,77 persen.
Keenam, struktur perekonomian kabupaten bolmut untuk peran sektor primer sebesar 59,10 persen, sektor sekunder 15,89 persen dan sektor tersier sebesar 25,01 persen.
Ketujuh, rata rata pengluaran perkapita rill, ditargetkan 9,85 juta rupiah.

(Advetorial / Ridwan)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.