Pemkot Kotamobagu Gelar Evaluasi Penyusunan Laporan TPB

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu menggelar rapat evaluasi penyusunan laporan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan itu digelar di aula Bappelitbangda Kotamobagu dihadiri Bappeda Sulut, dan OPD Pemkot Kotamobagu.

Kepala Bappelitbangda Kotamobagu Adnan Massinae, mengatakan kegiatan ini didasarkan pada 4 pilar, yakni ekonomi, hukum, lingkungan dan sosial. “Dalam rapat tersebut ada 17 tujuan serta 169 target dan 241 indikator yang kita evaluasi secara proporsional, berdasarkan sumber daya alam,” ungkap, Senin (6/12/2021).

Dalam indikator Kajian Lingkungan Hidup Strategis, 222 indikator yang dipenuhi, dan19 indikator lainnya tidak masuk. Hal ini karena kondisi geografis Kotamobagu yang tidak memiliki laut.
“Yang tidak masuk itu yakni tujuan ke 14 dengan ekosistem kelautan, yang di dalamnya memiliki 10 target dan 19 indikator. Karen Kotamobagu tidak ada lautan maka itu tidak bisa dilaksanakan,” tambahnya.

Evaluasi juga bertujuan menidentifikasi sedini mungkin, setiap permasalahan bisa saja timbul, untuk dapat diantisipasi serta diselesaikan sesegera mungkin. “Dari sejumlah pengamatan, perkembangan dan pencapaian TPB atau SDGs Kotamobagu terus mengalami peningkatan. Prinsipnya, secara umum pelaksanaan di Kotamobagu sejauh ini berjalan cukup baik,” pungkansya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.