Tes CASN Bolmut Hari Ke-4, Nurnikma Lantong Capai Nilai 448

0

 

DETIKSULAWESI.COM,BOLMUT – Dari lokasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang digelar di SMK Kaidipang, Bolmut, Senin (27/09/2021).

Di hari ke-4 ini, salah satu peserta atas nama Nurnikma Lantong berhasil mencapai nilai per item yakni, TIU = 120, TWK = 140 dan TKP = 188, sehingga total capaian adalah 448.

Nurnikma merupakan peserta dari desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang, Bolmut dengan formasi Bidan.

Seperti diketahui bahwa pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Dalam tes SKD ini, jenis soal yang di ujikan meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Undang–Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan untuk menilai penguasaan kemampuan verbal, numerik, berpikir logis, dan berpikir analitis.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertujuan untuk menilai karakteristik pribadi peserta.

Menurut Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bolmut, Khristanto Nani, S.STP bahwa ini adalah capaian tertinggi untuk hari ke-4 di sesi ke-3 ini.

Sementara itu, Kordinator dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk wilayah Bolmut, Herman, saat ditemui media ini di lokasi tes menyampaikan apresiasi atas capaian ini.

“Capaian akumulasi Nilai TIU,TWK dan TKP yang mencapai 448 sudah sangat baik, peserta tinggal akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB),” ujar Herman.

Dirinya juga berharap agar dalam seleksi ini peserta bisa mempersiapkan diri agar mencapai nilai-nilai tinggi sehingga kedepan dihasilkan ASN yang berkualitas.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.