Bupati Sahchrul Mamonto Hadiri Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUPA-PPAS Tahun 2021

0

DETIKSULAWESI.COM,BOLTIM-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto S.Sos., menghadiri rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) serta Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2021.

Agenda berlangsung di gedung rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Boltim, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (20/09/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sachrul mengatakan bahwa penyusunan rancangan KUPA-PPAS merupakan proses pendahuluan perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021 yang didasari pada peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

“Perubahan tersebut terkait dengan penyesuaian terhadap makro ekonomi yang telah disepakati pada APBD tahun 2021, pada kebijakan fiskal daerah, penyesuaian perubahan kebijakan pada tingkat pusat yang berkaitan dengan keuangan daerah, teknis lainnya dan kebijakan proyeksi belanja yang menjadi prioritas dan permasalahan aktual yang berkembang untuk percepatan penanganan dan antisipasi dampak covid-19,” tutur Sachrul.

Mantan ketua DPRD Boltim itu juga menambahkan, bahwa sebagai salah satu mekanisme sebelum penandatanganan nota kesepakatan, dan apa saja yang sudah dibahas semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat Boltim.

“Setelah ini masih ada proses selanjutnya dalam rangka penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2021,” jelasnya.

Ia berharap, agar dalam setiap proses penyusunan APBD, pemerintah daerah (pemda) dapat bersinergi dengan pihak legislatif, agar setiap tahapan penyusunan APBD dapat berjalan dengan baik.

“Peran aktif dari pihak eksekutif tentunya sangat diperlukan, sehingga proses dan tahapan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan yakni sebelum tanggal 30 September 2021,” pungkasnya.

Diketahui, paripurna penandatanganan KUPA-PPAS ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Oskar Manoppo S.E., M.M., Sekretaris Daerah (Sekda), Sonny Warokka, pimpinan DPRD Boltim, serta anggota DPRD Boltim.

(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.