Angka Penderit COVID-19 di Kotamobagu Terus Meningkat

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) angka penderita COVID-19 terus meningkat.

Dari data Satgas COVID-19 Kotamobagu sendiri, hingga Senin (26/7/2021) kemarin, jumlah positif harian mencapai 22 kasus, sehingga total terkonfirmasi positif COVID-19 sampai dengan hari ini mencapai 123 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, dr Tanty Korompot, membenarkan terjadinya peningkatan kasus tersebut.

Dia mengungkapkan, hal ini dikarenakan virus varian delta yang penyebarannya sangat cepat.

“Hanya satu menit saja kita berada bersama orang yang membawa virus varian delta, kita sudah bisa terpapar,” ungkap Tanty.

Padahal kata dia, berbagai upaya telah dilakukan hingga penyuluhan yang terus gencar dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu kepada masyarakat.

“Setiap hari kita memberikan penyuluhan. Judul penyuluhannya pun selalu berganti-ganti sesuai dengan kondisi yang ada,” ujarnya.

“Seperti sekarang masyarakat sudah divaksin merasa tidak perlu lagi pakai masker. Mereka kita beri penyuluhan, bahwa ketika kita sudah divaksin bukan berarti melindungi kita seratus persen, tapi tetap melaksanakan 6 M. Mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan meningkatkan imun,” sambungnya.

Lebih lanjut Tanty menjelaskan, Kota Kotamobagu adalah kota jasa, hal ini yang menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kasus COVID-19 dimana banyak orang yang keluar masuk di daerah tersebut.

“Mobilitas orang cukup tinggi. Tertinggi di Bolmong Raya, sehingga setiap orang bisa masuk, siapa pun dia,” tandanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.