Pemkot Kotamobagu Awasi Kesehatan Hewan Jelang Idul Adha

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Jelang hari raya Idul Adha Pemerintah Kota (Pemko) Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Kotamobagu, giat mengawasi ketat, kesehatan hewan qurban yang akan disembelih.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan DP2 Kotamobagu, Samsul HIdayat Lasena, mengatakan proses pemeriksan hewan qurban pihaknya bekerja sama dengan dokter hewan.

“Dokter hewan nantinya akan memberikan semacam pelatihan, terkait apa saja yang akan diperiksa untuk hewan. Dimana, ketika ditemuka adanya gejala penyakit tertentu maka hewan tersebut tidak diperbolehkan untuk disembelih,” teranganya.

Hewan qurban yang kedapatan ada gejala penyakit tersebut akan diberikan obat.

“Nanti setelah diobati, dan kemudian diperiksa kembai gejala atau tanda-tanda penyakitnya sudah tidak ada, dan bisa dipastikan sehat, baru hewan itu bisa disembelih,” tambanya.

Tidak hanya sampai disitu, Samsul juga menjelaskan kalau usai disembelih, maka pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap daging atas hewan yang disembelih tersebut.

“Ini untuk memastikan apakah daging tersebut layak dikonsumsi atau tidak. Untuk di Kotamobagu sendiri, untuk segi kesehatan daging masih bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.