Pemkab Bolmut Gelar FGD Ke-II Penyusunan KLHS Perubahan RPJMD

0

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Selasa (15/06/2021) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Ke-II Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan RPJMD tahun 2018-2023.

Kegiatan yang digelar di ruang rapat Bapelitbang ini dibuka oleh Bupati Bolmut, yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Rachmat R. Pontoh SH, M,Si.

Dalam sambutan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bolmut, disampaikan bahwa Pelakasanaan FGD ke II pada hari ini merupakan rangkaian tahapan penyusunan dokumen KLHS, yang bertujuan untuk memastikan bahwa aspek pembagunana berkelanjutan telah terintergrasi dalam kebijakan, rencana, dan program dalam RPJMD.

“Menggunakan pendekatan capaian tujuan pembangunan berkelanjutan daerah yang dibandingkan dengan target tujuaan pembagunan berkelajutan nasional, dengan pendekatan tersebut maka diharapkan pencapaian tujuaan pembagunan berkelanjutan yang belum mencapai target dapat dilakukan percepatan melalui upaya tambahan dalam RPJMD,” ujar Rahmat.

Lebih lanjut disampaikan, sebagaimana tujuan dilaksanakannya FGD II ini adalah dalam rangka membahas dan mendiskusikan sekaligus memberikan masukan untuk penyusunan dan penyempurnaan dokumen kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), serta memberikan rekomendasi pengelolaan lingkungan, sehingga kegiatan pembagunan yang dilaksanakan itu bisa berkelanjutan dan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

Pihaknya berharap apa yang menjadi masukan masukan dari masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) Maupun stakehoder terkait yang hadir pada kesempatan ini, yaitu dari perguruan tinggi dan juga lembaga swadaya masyarakat (LSM), menjadi catatan dan rekomendasi sebagai bahan penyempurnaan daripada dokumen KLHS perubahan RPJMD Kabupaten Bolmut.

Hadir dalam kegiatan ini, Tim Ahli DR. Fitryane Lihawa, M.Si, Ahmad Zainuri, S.Pd, MT, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bolmut, Irma Ginoga S.Pd, M,Si, yang mewakili TP PKK dan DWP Bolmut, serta Pimpinan OPD.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.