Pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bolmut Dikukuhkan

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT – Bertempat di Gedung Wanita kawasan wisata pantai Batu Pinagut, hari ini, senin (28/12/2020) Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) resmi dikukuhkan.

Pengurus MUI Bolmut yang dikukuhkan ini adalah kepengurusan dengan masa Khidmat 2020-2025.

Kegiatan pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Ketua MUI Sulawesi Utara (Sulut) KH. Abdul Wahab Abdul Gafur Lc.

Ketua MUI Sulut usai prosesi pengukuhan, dalam sambutannya mengharapkan kepada pengurus MUI Bolmut yang baru saja dikukuhkan, agar dapat menjadi garda terdepan dalam urusan-urusan keagamaan. terutama yang berkaitan dengan kemaslahatan umat, serta toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

“MUI mempunyai peran yang nyata dalam menciptakan hubungan yang harmonis secara intern sesama umat Islam,dan umat beragama lain, serta umat islam dengan pemerintah,” ujar Kiyai Abdul Wahab.

Kegiatan pengukuhan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bolmut, Drs. Hi. Amin Lasena, MAP. Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa atas nama pemerintah daerah menyambut baik atas dilaksanakannya Rakerda sekaligus pengukuhan kepengurusan.

“Kami percaya bahwa komposisi pengurus MUI saat ini akan mampu menjalankan program MUI ke depan terutama dalam melaksanakan fungsinya dalam membina umat islam di kabupaten bolmut,” ujar Lasena.

Menurutnya bahwa sebagai organisasi yang di lahirkan oleh para Ulama, Zu’ama dan cendekiawan muslim serta tumbuh berkembang di kalangan umat islam, MUI sesuai niat kelahirannya, adalah wadah silaturahmi Ulama, zu’ama dan cendekiawan muslim dari berbagai kelompok yang bertujuan untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin di seluruh indonesia.

Disampaikannya pula bahwa peran MUI dalam menciptakan keharmonisan sangatlah penting, MUI berperan penting didalam sejarah umat islam indonesia, keberadaan MUI membantu pemerintah melakukan hal hal yang menyangkut fatwa dalam kehalalan sebua makanan, penentu kebenaran sebuah aliran dalam agama islam dan hal hal yang berkaitan dengan hubungan seorang penganut agam islam dengan lingkungannya.

“Fungsi yang paling nyata MUI menciptakan hubungan harmonis interen umat islam dan antar umat beragama termaksud antar umat islam dan umat beragama, serta umat islam dengan pemerintah,” pesannya.

Di akhir sambutannya, Wabup berharap melalui rapat kerja daerah ini keluarga besar MUI kiranya dapat memberikan perhatian yang sungguh – sungguh dalam memberikan berbagai masukan atau gagasan.

“Sehingga apapun hasil yang di peroleh nantinya, dapat terus membangun kebersamaan kita yang sejalan dengan visi pemerintah daerah, yakni mewujudkan kabupaten bolmut yang berkelanjutan, mandiri, berbudaya dan berdaya saing,” tutup Wabup.

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolres Bolmut, Kejaksaan Negeri Bolmut, Ketua MUI Bolmut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmut, serta para Camat Sekabupaten Bolmut.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.