Hasil Survey Unggul, Masyarakat Yakin Iskandar-Deddy Bisa Tingkatkan Ekonomi Lebih Baik lagi

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) nomor urut 1 (Satu) Hi Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid, dipastikan unggul di Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 ini.

Hal tersebut dibuktikan, dari survey Nusantara Research Institute (NRI), dimana kembali merilis hasil survey dilakukan sejak 16-23 November kemarin, dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan 410 responden margin of error 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan klaster survey menjangkau tujuh Kecamatan, di Kabupaten Bolsel secara proposional, serta berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

Manager Of Recearsh Rahmillah Ukoli mengatakan, dari hasil survey menunjukan pertanyaan pilihan pasangan di antara dua pasang calon. Pasangan Calon Iskandar-Deddy dipilih mayoritas publik dengan elektabilitas sebesar 84,1 persen, dibandingkan pasangan Riston-Selvia yang hanya 11,7 persen.

“Dengan pemilih merahasiakan jawaban 0,3 persen dan undecided voters 3,9 persen, survey ini menemukan bahwa. Dalam pertanyaan kandidat tunggal bupati model pertanyaan terbuka (Top of Mind) Iskandar 83,2 persen lebih unggul jauh, dibandingkan calon bupati lainnya Riston 11,5 persen dan undecided voters 4,1 persen,” ungkap Ukoli, Rabu (2/12/2020).

Dijelaskannya, keunggulan elektabilitas pasangan calon nomor 1 (Satu) Iskandar-Deddy dilihat dari lima faktor.

“Untuk tingkat popularitas Iskandar Kamaru lebih tinggi dibanding pesaingnya Riston Mokoagow, mayoritas publik 99,8 persen mengenal Iskandar Kamaru, dan publik menyukai sebesar 97,5 persen, sementara itu. Untuk Riston Mokoagow dari 90,2 persen yang mengenal hanya 60,3 persen menyukai,” jelasnya.

Dari survey NRI pada kantong suara milenial, yang berumur 30 tahun kebawah, Iskandar-Deddy 81,8 persen Riston-Selvia 13,1 persen. sedangkan kantong pemilih berdasarkan etnis atau suku, dimana etnis gorontalo Iskandar-Deddy 83,7 persen, Riston-Selvia hanya 11,9 persen, suku mongondow Iskandar-Deddy 83,7 persen, Riston-Selvia 11,6 persen, suku sanger, talaud dan siau Iskandar-Deddy 77,2 persen, Riston-Selvia 18,1 persen, suku bolango Iskandar-Deddy 88,4 persen Riston-Selvia 9,0 persen, begitu juga untuk suku minahasa Iskandar-Deddy 100 persen, serta suku lainnya Iskandar-Deddy 57,1 persen, Riston-Selvia 28,5 persen

Mayoritas publik 91,2 persen mengatakan dan yakin Iskandar-Deddy mampu membawah ekonomi Kabupaten Bolsel lebih baik dari sebelumnya.

“Mayoritas publik 86,3 persen juga mengatakan, pasangan Iskandar-Deddy paling bisa dipercaya, paling mampu memimpin dan paling dekat dengan rakyat. Berdasarkan kinerja semasa menjabat Bupati Bolsel mayoritas publik 88,3 persen, menilai sangat puas dengan kinerja Iskandar Kamaru, dengan konsistensi publik terhadap calon, dimana 93,7 persen publik mengatakan tidak akan mengubah pilihan sampai hari pemilihan nanti dan hanya 5,9 persen yang masih mungkin mengubah pilihan. Sementara 0,4 persen yang tidak menjawab,” kata Rahmillah.

Peliput: Ebby Makalalag

Leave A Reply

Your email address will not be published.