Makalalag Pimpin Rakor Guna Pemantapan Pembangunan dan Perberdayaan Masyarakat Desa

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLSEL – Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-P3MD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bulanan bersama Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD), bertempat di Sekretariat TA-P3MD Desa Tolondadu II Kecamatan Bolaang Uki, Senin (30/11/2020).

Kegiatan tersebut, dibuka secara langsung Kordinator Kabupaten (Korkab) TA-P3MD Luky Candra Makalalag. Dikatakannya, Rakor ini menjadi ajang diskusi antar Tenaga Ahli, PD dan PLD mengenai sejumlah permasalahan di lapangan terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Harapannya, semua tenaga pendamping profesional nantinya memiliki, persepsi yang searah dan sepemahaman yang sama tentang program implementasi Undang-Undang Desa,” Ujarnya.

Dijelaskan Makalalag, agenda rutin itu juga untuk memaksimalkan proses pengelolaan program Dana Desa (Dandes) oleh Pemerintah desa yang bersumber dari APBN maupun APBD Kabupaten Bolsel.

Sementara itu, Amri H. Modeong selaku TA – TTG menambahkan, ada sejumlah poin penting yang dibahas dalam agenda Rakor tersebut. Diantaranya, evaluasi progres capaian kegiatan program Dandes Tahun 2020 (Sarpras dan Non Sarpras).

“Kemudian, evaluasi Progres penyaluran BLT Dandes, evaluasi progres pelaksanaan Musdes RKPdes tahun Anggaran 2021 serta evaluasi kinerja pendampingan PD dan PLD dimasing-masing wilayah,” Pungkasnya.

Kembali diungkapkan Amri, Pendamping Desa hadir di tengah masyarakat sebagai amanah Undang-undang Desa nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, salah satunya pengawalan dan pemaksimalan serta memonitoring penggunaan Dana Desa sepenuhnya untuk masyarakat.

Peliput: Ebby Makalalag

Leave A Reply

Your email address will not be published.